KABARIKA.ID, GIANYAR– Penentuan wakil Indonesia di Laga Champions Asia 2023 antara PSM Makassar dan Bali United ditentukan pada leg kedua yang akan digelar di Stadion BJ Habibie, Pare-pare, Minggu (10/6/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pada leg pertama di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Selasa (6/6/2023) malam, kedua tim bermain imbang 1-1.

Laga ini merupakan babak playoff untuk menentukan wakil Indonesia di Liga Champions Asia 2023. Tim yang kalah dari dua laga nantinya akan tampil di Piala AFC 2023/2024.

Pada pertandingan leg pertama, Bali United tampil dominan sejak awal pertandingan di babak pertama. Tim asuhan Stefano Cugurra itu bermain dengan serangan cepat yang merepotkan pertahanan Pasukan Ramang -julukan PSM Makassar.

Namun, serangan itu belum efektif untuk menjebol gawang PSM Makassar yang dijaga Muhammad Ridho. Serdadu Tridatu -julukan Bali United- pun bermain lebih sabar agar tidak kecolongan. Permainan ini akhirnya berbuah manis untuk tim tuan rumah.

Irfan Jaya (15’) berhasil mencuri keunggulan lewat sepakan kerasnya. Irfan berhasil memanfaatkan situasi kemelut di depan gawang PSM.

Selepas gol itu, Bali United kembali bermain dengan agresif untuk membombardir pertahanan PSM Makassar. Namun, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua, pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mencari siasat untuk menyamakan kedudukan.

Pelatih asal Portugal itu terpantau berulang kali memberikan instruksi kepada anak asuhnya untuk tampil lebih berani. PSM Makassar pun kali ini bermain lebih terbuka dengan serangan dari sisi sayap yang cepat.

Sayangnya, beberapa peluang yang tercipta tidak dimanfaatkan dengan baik. Namun, upaya ini membuat Bali United cukup tertekan.

Memasuki menit ke-70, PSM Makassar yang terus menyerang mendapatkan kesempatan lewat tendangan penjuru.

Peluang ini akhirnya berbuah manis setelah Ilija Spasojevic (71’) mencetak gol bunuh diri.

Gol itu membuat intensitas pertandingan semakin meninggi. Pada akhir-akhir babak kedua, Bali United dan PSM Makassar menampilkan permainan saling serang.

Bali United sempat mencetak gol lewat sepakan Privat Mbarga. Akan tetapi, gol tersebut dianggap tidak sah karena Mbarga sudah dalam posisi offside. Pertandingan berakhir Pada akhirnya dengan 1-1.

Susunan Pemain:

Bali United: Adilson Maringa (GK), Haudu Abdillah, Kadek Arel, Ricky Fajrin, Novri Setiawan, Brwa Nouri, Sidik Samima, Eber Bessa, Privat Mbarga, Irfan Jaya, Ilija Spasojevic. Pelatih: Stefano Cugurra

PSM Makassar: Muhammad Ridho (GK), Ardi Idrus, Ryuji Utomo, I Gede Agus Mahendra, Jajang Mulyana, Tegar Infantrie, Ramdani Lestaluhu, Made Tito Wiratama, Rahmat Arjuna, Taufik Hidayat. (*)