KABARIKA.ID, MAKASSAR – Salah satu syarat untuk mengikuti ujian bagi mahasiswa Pascasarjana Universitas Hasanuddin (Unhas) adalah menerbitkan makalah (paper) berkualitas pada jurnal/prosiding yang terindeks Scopus/WoS.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Publication Management Unit (PMU) hadir di setiap fakultas sebagai wadah untuk membantu civitas academica untuk mempercepat penyelesaian studi melalui publikasi.

PMU Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Unhas menyelenggarakan pelatihan publikasi jurnal internasional, Senin (19/06/2023), bertempat di ruang sidang lantai 2 FIKP Unhas, Tamalanrea.

Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Dekan FIKP Unhas, Safruddin, S.Pi., MP., Ph.D. Dalam sambutannya Safruddin mengatakan, publikasi di jurnal internasional menjadi faktor penting dalam dunia ilmu dan mendukung capaian universitas sebagai world class university.

Sementara itu, ketua PMU FIKP Unhas Dr. Ir. Khusnul Yaqin, M.Sc menyampaikan bahwa pelatihan ini membantu mahasiswa dalam penyelesaian studinya yang dipersyaratkan adanya publikasi makalah ilmiah di jurnal internasional bereputasi

“Tujuan kegiatan pelatihan ini adalah untuk mencapai target FIKP dalam mempublikasi 160 makalah ilmiah di jurnal internasional bereputasi,” ujar Dr. Khusnul.

Tampil sebagai pemateri dalam pelatihan ini, kepala pusat manajemen publikasi Unhas, Prof. Dr. Dahlang T., S.Si., M.Si. Sedangkan Khusnul Yaqin berperan sebagai moderator yang mengatur interaksi forum.

Pelatihan ini diikuti 84 orang peserta, selain mahasiswa FIKP juga hadir mahasiswa dari fakultas lainnya dalam lingkup Unhas. Bahkan ada peserta dari Universiti Malaysia Terengganu dan Universiti Teknologi Mara Serawak.

Selain mahasiwa, kegiatan ini juga diikuti oleh para peneliti hingga dosen di lingkungan Unhas.

Achdiat, salah seorang peserta dari Universiti Malaysia Terengganu mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena ada tips dan trik dalam penulisan dan publikasi.

“Harapannya semoga kegiatan seperti ini dapat dilakukan kembali untuk memberikan pendampingan kepada mahasiswa dalam hal publikasi,” kata Achdiat.

Ketentuan membuat makalah sebagai syarat untuk mengikuti ujian bagi mahasiswa Pascasarjana Unhas, diatur dalam Peraturan Rektor Universitas Hasanuddin Nomor 7243/UN4.1/KEP/2022.

Menurut Husnul, hal ini menjadi challenge bagi mahasiswa Pascasarjana Unhas, selain penulisan tesis/disertasi.

“Menerbitkan paper atau artikel ilmiah pada jurnal yang terindeks Scopus bukanlah hal yang mudah, apalagi bagi mahasiswa yang baru memulai dalam dunia penelitian dan penulisan,” tandas Husnul. (*/rs)