KABARIKA.ID, MAKASSAR – KKN Kebangsaan yang menyatukan seluruh mahasiswa Indonesia bertujuan untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan rasa persaudaraan kebangsaan dari seluruh mahasiswa Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Saya percaya bahwa mahasiswa yang menjadi delegasi Unhas adalah mahasiswa pilihan terbaik dari berbagai disiplin ilmu yang telah melalui tahap seleksi,” tegas Dr Hasrullah, MA.

Hal tersebut dikemukakan oleh Hasrullah sebagai penggagas KKN Kebangsaan, saat memberikan pembekalan khusus kepada 12 mahasiswa Unhas peserta KKN Kebangsaan XI tahun 2023, di Kantor P2KKN Unhas, Jumat (7/07/2023).

Pembekalan ini juga dihadiri Kepala P2KKN Unhas, Muhammad kurnia, S.Pi., M.Sc., Ph.D., beserta DPK KKN Kebangsaan Unhas, Dr. Ilham Alimuddin, ST., M.Gis dan Nosakros Arya, S.Sos, M.I.Kom.

Dr Hasrullah berdialog dengan peserta KKN Kebangsaan XI Unhas saat memberikan pembekalan kepada mereka. (Foto: P2KKN Unhas)

Pembekalan ini dilaksanakan sebagai persiapan bagi mahasiswa peserta KKN Kebangsaan Unhas, untuk mengikuti KKN Kebangsaan XI yang akan dilaksanakan di Universitas Tanjungpura (Untan), Kalimantan Barat, akhir Juli mendatang.

Ke-12 mahasiswa yang menjadi delegasi Unhas pada KKN Kebangsaan XI, adalah:
1. Andini (FKM),
2. Andi Irfan Akmal (FH),
3. Febe Gloria Angelica Lumendow (FISIP),
4. Nur Hikmah Tusahadiyah Putri (FK),
5. Zidan Patrio (FISIP),
6. Abd. Fadhil S. (FMIPA),
7. Elsa (FT),
8. Sukma Dewi (FIKP),
9. Muttiara (FEB),
10. Fahmi Alfarabi (FAPERTA),
11. Riswan (FIB), dan
12. Muhammad Nur Akram A.N. (FIB).

Hasrullah yang juga mantan Kepala P2KKN Unhas itu berharap, KKN Kebangsaan ini dapat memberikan manfaat secara nyata kepada masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia, tempat KKN Kebangsaan digelar.

Ia juga mengingatkan dan berpesan kepada para mahasiswa delegasi Unhas agar menghormati tata nilai sosial budaya selama berada di lokasi KKN Kebangsaan.

“Dimana tanah dipijak, di situ langit dijunjung. Semangat dan sampai jumpa di lokasi kegiatan,” tandas Hasrullah.

Pada kesempatan tersebut kepala P2KKN Unhas, Muhammad Kurnia juga menitip pesan kepada para peserta KKN Kebangsaan agar menjaga citra positif almamater Unhas.

“Jadikan kegiatan KKN Kebangsaan tahun ini, bukan hanya sekadar memperluas relasi diri saja, melainkan juga untuk mempertahankan citra baik almamater kita di tingkat nasional,” ujar Muhammad Kurnia.

Harapan dan pesan dari pengelola P2KKN mendapat respons positif dari para mahasiswa.

“Insya Allah, kami siap memberikan yang terbaik untuk pelaksanaan KKN Kebangsaan dan juga berupaya untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di lokasi penempatan kami nantinya,” ujar Fahmi Alfarabi dari Fakultas Pertanian. (*/rus)