KABARIKA.ID, MAKASSAR – Kegiatan jalan santai Anti Mager yang dilaksanakan Pemprov Sulsel-TNI/Polri-IKA Unhas yang akan dilaksanakan pada Minggu, 6 Agustus 2023, menargetkan peserta hingga 250 ribu orang. Kerumunan massa yang demikian padat membutuhkan tingkat keamanan dan keselamatan yang tinggi bagi semua peserta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terkait dengan keselamatan peserta, Polrestabes Makassar sebagai penanggung jawab keamanan, mengimbau dengan sangat agar para peserta jalan santai Anti Mager tidak membawa atau mengikutsertakan orang lanjut usia (Lansia) yang rentan terhadap keramaian dan anak-anak yang berumur di bawah 10 tahun.

“Dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan bersama, maka perlu diantisipasi agar peserta tidak menyertakan anak di bawah 10 tahun dan juga Lansia yang rentan terhadap keramaian dan penumpukan massa dalam jumlah besar ini,” ujar AKBP Darminto, S.Sos Kabag Ops Polrestabes Makassar, saat menerima audiensi panitia Anti Mager dari IKA Unhas, Rabu sore (2/08/2023) di ruang rapat Mapolrestabes Makassar lantai 2, Jalan Ahmad Yani, Makassar.

Hadir dalam audiensi tersebut, ketua panitia Andi Taufik, M. Iqbal Samad Suhaeb, Poppy Rusdi, Ahmad Musa Said, Dedi, Riny Noor Amalia, dan Irwan.

Ketua panitia Andi Taufik menjelaskan rute yang akan dilewati peserta jalan santai Anti Mager. (Foto: uca)

Dalam pertemuan tersebut, AKBP Darminto menegaskan bahwa Polrestabes Makassar menyatakan mendukung penuh kegiatan Anti Mager ini, terutama dalam hal pengamanan, pengaturan lalu lintas sepanjang rute yang dilewati peserta.

Keseriusan dukungan tersebut salah satunya ditandai dengan dukungan peralatan berupa dua unit kendaraan pengurai massa alis mobil Raisa.

Peserta jalan santai Anti Mager yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI dan HUT ke-354 Sulsel ini terus bertambah, baik mendaftar secara online maupun offline dengan megambil kupon di sekretariat panitia.

Hingga hari ini, Kamis (3/08/2023) per pukul 13.00 WITA, peserta yang mendaftar secara online berjumlah 47.385 orang. Sedangkan kupon yang disebar melalui berbagai instansi, organisasi, dan komunitas telah mencapai jumlah 235.225 lembar.

Antusiasme masyarakat untuk mengikuti jalan santai Anti Mager yang dilaksanakan oleh Pemprov Sulsel bekerja sama dengan IKA Unhas ini, salah satunya karena hadiahnya yang melimpah.

Hadiah utama berupa dua unit rumah, mobil, umrah, dan sepeda motor. Hadiah hiburan berupa sepeda, handphone, dan lain-lain.

Jalan santai Anti Mager ini diikuti oleh ASN Pemprov Sulsel, anggota PP IKA Unhas dan anggota IKA Unhas dari Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Maros, dan IKA Unhas Kabupaten Pangkep serta IKA Unhas dari seluruh fakultas di lingkup Unhas.

Selain itu, peserta juga datang dari prajurit TNI tiga matra beserta keluarga, anggota Polri dan keluarga, Ormas keagamaan, dan lain-lain.

Jalan santai Anti Mager ini akan star dan finish di depan Rujab Gubernur Sulsel, jalan Sudirman. Selanjutnya melewati jalan Haji Bau-Somba Opu-Penghibur-Ujungpandang-Ribura’ne-Ahmad Yani-Sudirman (finish). (rus)