KABARIKA.ID, MAKASSAR – Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., mendapat kepercayaan untuk memaparkan ide dan gagasannya pada acara bergengsi, “Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture Tahun 2023” yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kegiatan ini berlangsung hari ini, Rabu (23/08/2023) mulai pukul 09.30 WIB di Gedung B.J. Habibie Lantai 3, Jakarta Pusat.

Dalam kuliah ilmiahnya, Prof. JJ menguraikan topik tentang “Pemberdayaan Sosietal untuk Jagat Nusantara”.

Pamflet Sarwono Award dan Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture 2023. (Foto: Ist)

Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture tahun 2023 merupakan bentuk apresiasi terhadap para ilmuwan, pakar atau praktisi yang telah memberikan sumbangan nyata dan bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan.

BRIN bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan sebagai penyelenggara Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture tahun 2023.

Forum ini telah diselenggarakan sejak tahun 2002 dalam bentuk penyampaian kuliah ilmiah dengan tema tertentu, sesuai profesionalitas dan dedikasi dalam beragam bidang ilmu pengetahuan.

Pada tahun 2023, Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture memilih isu di bidang sosial budaya atau social empowerment.

Menurut Prof. JJ, peradaban bahari sebagai poros maritim dunia idealnya akan menjadi medan magnet bagi warga negara untuk bergerak dan memiliki tujuan bersama dalam menjalani perubahan menuju Indonesia Emas 2045.

Sebuah cita-cita dimana saat itu Gross National Income (GNI) Indonesia setara dengan capaian negara maju dan keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah (middle income trap). (*/rus)