KABARIKA.ID, MAKASSAR – Pendiri dan owner PT Tiran Group yang juga ketua umum PP IKA Unhas, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. menggelar prosesi “mappettuada” (lamaran) putra pertamanya, H. Andi Amar Ma’ruf Sulaiman, S.E., BbusMan, di Hotel Claro Makassar, Minggu (3/09/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Andi Amar Ma’ruf Sulaiman melamar gadis Bugis berdarah Sidrap, Ihsani Nurul Izzah, S.E. yang akrab disapa Enon. Insani adalah putri pertama dari pasangan H. Harsono Muhammad dan Hj. Raizah Azizah Ramli.

Prosesi “mappettuada” berlangsung khidmat dan sakral karena dilaksanakan sesuai tradisi Bugis yang diwarnai berbalas pantun atau peribahasa Bugis dulu yang penuh makna simbolis yang indah.

Dalam prosesi itu, Andi Amran Sulaiman didampingi oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, S.T, Bupati Bone Dr. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si., Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak, S.E., dan Bupati Maros . H.A.S. Chaidir Syam, S.IP., M.H. dan Prof Dr. Murtir Jeddawi.

Kegiatan sakral “mappettuada” sebagai langkah awal bagi Andi Amar Ma’ruf Sulaiman dan Ihsani Nurul Izzah untuk menuju jenjang pernikahan ini, hanya dihadiri keluarga besar dari pihak Andi Amran Sulaiman dan H. Harsono Muhammad.

Para perwakilan dan saksi dari kelurga Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. dan keluarga H. Harsono Muhammad memperlihatkan naskah kesepakatan “mappettuada” yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak, di Hotel Claro Makassar, Minggu (3/09/2023). (Foto: kabarika/Ruslan)

Acara dihadiri sekitar 1.000 orang, berasal dari keluarga besar calon kedua mempelai yang berjumlah sekitar 750 orang, ditambah dengan karyawan PT Tiran Group, serta anggota PP IKA Unhas.

Forum “mappettuada” memutuskan mahar untuk calon mempelai wanita berupa seperangkat alat salat, satu stel emas perhiasan serta 2 kilogram emas murni. Sedangkan uang belanja (uang panai) sebesar Rp 2 miliar, ditambah pemberian barang berupa satu unit rumah dan satu unit mobil mewah.

Prosesi “mappettuada” diakhiri dengan penandatanganan naskah kesepakatan yang ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Sedangkan jadwal akad nikah kedua calon mempelai tersebut, disepakati oleh kedua belah pihak keluarga, pada 3 Maret 2024 mendatang.

Perkenalan Andi Amar Ma’ruf Sulaiman dengan Ihsani Nurul Izzah sudah berlangsung beberapa tahun lalu di kampus, saat mereka sama-sama kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Kiprah Andi Amar Ma’ruf

Andi Amar Ma’ruf Sulaiman merupakan tokoh muda asal Sulsel yang namanya telah menasional melalui berbagai organisasi bisnis dan sosial kemasyarakatan.

Andi Amar Ma’ruf adalah lulusan Pondok Modern Darussalam Gontor dan alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unhas.

Di bidang akademik dan organisasi, ia mempunyai segudang prestasi semerlang.

Putra pertama dari empat bersaudara ini dipercayakan memimpin AAS Community.

Di usianya yang baru 23 tahun, Andi Amar Ma’ruf telah kepercayakan memegang kendali sejumlah perusahaan yang bernaung di bawah PT Tiran Group.

Selaian sebagai owner Syirkah Studio, ia juga menjadi Komisaris PT AAS Mineral Mandiri seta Direktur PT Penambangan Nikel AASDIN.

Selain itu, ia juga merupakan Presiden Direktur PT Andi Nurhadi Mandiri, Komisaris PT Sulawesi Sumatera Nusantara, dan Direktur PT Tiran Fero Nusantara.

Dalam dunia organisasi, Andi Amar Ma’ruf tercatat sebagai Bendahara I Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah periode 2023-2027.

Di organisasi kepemudaan KNPI Sulsel, ia ditetapkan sebagai bendahara.

Andi Amar Ma’ruf juga berkiprah di partai politik. Saat ini ia tercatat sebagai kader Partai Gerindra.

Andi Amar Ma’ruf merupakan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPR RI dari Partai Gerindra.

Pada Pemilu 2024, Andi Amar Ma’ruf akan bertarung di daerah pemilihan Sulawesi Selatan II (Dapil Sulsel II), yang meliputi Kota Parepare, Kabupaten Barru, Pangkep, Maros, Bulukumba, Bone, Sinjai, Soppeng, dan Wajo. (*/rs)