Google Doodle Ungkap Seluk Beluk Keindahan Danau Toba

Berita610 Dilihat

ADA yang berbeda dengan tampilan dan nuansa Google beberap hari lalu. Terlihat Google menampilkan gambar Danau Toba di atas kotak pencarian. Saat kursor diarahkan ke atas gambar, maka akan muncul tulisan “Merayakan Danau Toba”.

Mengapa Danau Toba dipilih menjadi tema Google Doodle?

Dalam keterangannya, Google menjelaskan bahwa tema Google Doodle hari ini merayakan penetapan Danau Toba sebagai Global Geopark UNESCO pada 31 Agustus 2020.

Dengan ditetapkannya status tersebut, Indonesia telah meyakinkan UNESCO bahwa Danau Toba memiliki hubungan geologi dan warisan tradisional masyarakat setempat.

Oleh karena itu, negara-negara anggota UNESCO mendukung pelestarian dan perlindungan Danau Toba agar menjadi UNESCO Global Geopark.

Google menjelaskan, Danau ini sebenarnya adalah kaldera raksasa dari letusan gunung berapi super vulkan yang terjadi sekitar 74.000 tahun yang lalu. Letusan ini mengakibatkan depresi besar yang kemudian terisi air hujan, membentuk danau dengan panjang sekitar 100 kilometer dan lebar sekitar 30 kilometer.

Danau Toba memiliki luas sekitar 630 kilometer persegi dan merupakan pulau di tengah danau di seluruh dunia. Pemandangan alamnya yang indah dan mempesona juga menjadikan Danau Toba sebagai bagian dari Global Geopark UNESCO.

Uniknya, Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia sekaligus danau vulkanik terbesar di dunia.
Danau Toba tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal, tetapi juga menarik minat wisatawan internasional dengan pesonanya yang unik.

Pemerintah dan masyarakat setempat sangat peduli tentang kelestarian Danau Toba. Banyak upaya telah dilakukan untuk menjaga kebersihan danau serta mengembangkan pariwisata berkelanjutan.

Salah satu hal yang membuat Danau Toba sangat istimewa adalah pulau di tengahnya yang disebut Pulau Samosir. Pulau ini memiliki luas sekitar 630 kilometer persegi dan merupakan pulau di tengah danau di seluruh dunia. Pulau Samosir menjadi pusat pariwisata dengan pemandangan alam yang indah, budaya Batak yang kaya, dan keramahan penduduknya.

Selain keindahan alamnya, Danau Toba juga memiliki kekayaan budaya yang luar biasa. Masyarakat Batak Toba merupakan penduduk asli danau ini, dan mereka memiliki tradisi, adat istiadat, dan kepercayaan yang unik. Wisatawan memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk setempat dan belajar tentang warisan budaya yang kaya ini.

Salah satu atraksi budaya yang terkenal di Pulau Samosir adalah pertunjukan tari Tortor Batak. Tarian ini menggambarkan cerita-cerita tradisional Batak dengan gerakan yang energetik dan musik yang menggugah semangat.

Danau Toba adalah permata indah di tengah kepulauan Indonesia. Keindahannya yang alami, pemandangan yang menakjubkan, dan kekayaan budayanya membuatnya menjadi tujuan wisata yang menarik dan bermakna.

Melalui upaya pariwisata berkelanjutan, Danau Toba akan terus mempesona dan memberikan manfaat bagi semua yang datang dan alam sekitarnya. Jika Anda mencari pengalaman yang tak terlupakan di Indonesia, Danau Toba adalah tempat yang wajib Anda kunjungi. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *