KABARIKA.ID, KUPANG – Pelantikan pengurus wilayah IKA Unhas Nusa Tenggara Timur (NTT) periode 2022-2026 berlangsung khidmat dan dihadiri ratusan alumni Unhas yang ada di Provinsi NTT, Sabtu (23/09/2023) di Hotel Kristal Kupang, NTT.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pelantikan dipimpin oleh Sekjen PP IKA Unhas, Prof Dr. Ir. Yusran Jusuf, M.Si, IPU, ditandai dengan penyerahan pataka kepada Ketua IKA Unhas Wilayah NTT, Drs. Theo da Cunha, M.Si.

Pelantikan tersebut juga dihadiri oleh wakil ketua umum IKA Unhas Bidang Organisasi dan Keanggotaan, A.M. Irwan Patawari, S.Si yang mewakili ketua umum, dan Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Irwan Ade Saputra, S.Sos, M.Si.

Sekjen PP IKA Unhas, Prof Dr. Ir. Yusran Jusuf, M.Si, IPU (kedua dari kiri), Waketum IKA Unhas Bidang Organisasi dan Keanggotaan, A.M. Irwan Patawari, S.Si (kanan), Ketua IKA Unhas Wilayah NTT, Drs. Theo da Cunha, M.Si. (kiri) beserta undangan dan peserta, menyajikan lagu Indonesia Raya dan Mars Unhas, pada acara pelantikan pengurus IKA Unhas NTT, Sabtu (23/09/2023) di Hotel Kristal Kupang, NTT. (Foto: panitia)

Sekjen IKA Prof Yusran dalam sambutannya mengatakan, IKA Unhas dari Sabang sampai Merauke terus bergerak untuk mewujudkan moto IKA Unhas, yakni “Kolaborasi Unhas untuk Negeri”.

“IKA Unhas terus bergerak ke seluruh wilayah di Indonesia untuk menghimpun dan membentuk kepengurusan IKA wilayah, agar komitmen Kolaborasi Unhas untuk Negeri benar-benar bisa terwujud dengan hadirnya alumni dari Sabang sampai Merauke,” ujar Prof Yusran.

Ketum PP IKA Unhas Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. senantiasa memesankan para alumni Unhas di berbagai wilayah atau daerah, agar senantiasi memberi kontribusi positif dalam pembangunan daerahnya masing-masing.

“Bekerja dengan berbasis sosial sehingga masyarakat merasakan betul manfaat hadirnya alumni Unhas di tengah-tengah masyarakat. IKA Unhas sebagai organisasi dan alumni Unhas secara personal, hendaknya senantiasi saling men-support sesama di semua sektor dan bidang, bukannya saling menjatuhkan,” ujar Prof Yusran.

Pengurus harian yang dilantik adalah Drs. Theo da Cunha, M.Si sebagai ketua. Ia dibantu tiga wakil ketua, masing-masing: Dr. Yanto, MP, Ekon, SH, M.Hum; Dr. Delly Sarira Pasande, M.Kes., MMR; dan Dr. Ir. Arifin Sanusi, MT., IPM.

Sedangkan sekretaris umum adalah Dr. Jahirwan Ut Jasron, ST., MT. Dibantu tiga wakil sekretaris umum, yakni: Oktovianus Dharma Rerung, ST., MT; Astri Atti, S.Si., M.Si; dan Alfrida Palebangan, SKM., M.Kes.

Adapun bendahara adalah Ns. Nurdiana Nurdin, S.Kep., M.Kes. Dibantu dua wakil bendahara, yaitu: H. Jack Samuel, SE dan Yusnu Yusuf, S.Si., M.Si.

Jumlah pengurus harian yang dilantik sebanyak 76 orang dari sekitar 200-an orang alumni Unhas yang ada di Provinsi NTT, tersebar di 22 kabupaten/kota.

Foto bersama pengurus IKA Unhas wilayah NTT dengan Pengurus Pusat IKA Unhas serta undangan, usai pelantikan (Foto: panitia)

Sementara itu, ketua IKA Unhas wilayah NTT yang baru saja dilantik, Theo da Cunha dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengurus pusat IKA Unhas yang bersedia hadir melantik.

Juga berterima kasih kepada alumni Unhas yang ada di NTT yang memberi kepercayaan kepada dirinya untuk menjadi ketua IKA Unhas wilayah NTT.

“Terima kasih atas kepercayaan alumni Unhas yang berdomisili di NTT yang telah memberikan kepercayaan kepada kami selaku Ketua IKA Wilayah NTT, serta Sekjen IKA Unhas Prof Yusran Jusuf beserta jajaran yang telah bersedia hadir melantik kami. Tentu ini adalah awal dari proses dinamika keorganisasian alumni Unhas yang akan bekerja sesuai amanat AD ART IKA unhas. Semoga kami bisa menjadi cermin positif bagi kebesaran nama Unhas almamater tercinta,” ujar Theo Da Cunha.

Acara pelantikan diawali dengan persembahan tarian perang adat NTT sebagai simbol semangat dalam menjalankan roda kepengurusan IKA Unhas NTT ke depan. Juga ditampilkan tarian empat etnis, yakni Bugis, Makassar, Toraja, dan Mandar.

Acara ditutup dengan menari Maumere bersama oleh pengurus beserta undangan.

Turut hadir dalam acara pelantikan ini, Kepala Dinas Pemprov NTT yang mewakili penjabat Gubernur NTT, Tokoh KKSS NTT Haji Darwis, serta Direktur Utama RSUP dr. Ben Mboi Kupang, dr. Annas Ahmad.

Usai pelantikan dilanjutkan dengan rapat kerja para pengurus yang terbagi ke dalam enam bidang, untuk merumuskan program kerja sebagai sarana pengabdian kepada masyarakat dan pembangunan daerah. (*/rus)