KABARIKA.ID, MAKASSAR – Ziarah ke taman makam pahlawan merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap jasa para pahlawan dan pejuang, yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2023, jajaran TNI tiga matra di Kota Makassar menggelar ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang, Kota Makassar, Rabu (4/10/2023). Ziarah dipimpin oleh Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr(Han).

Ikut dalam ziarah rombongan tersebut adalah pejabat utama dari Kodam XIV/Hasanuddin, Lantamal VI/Makassar, Koopsau II, prajurit dan PNS TNI dari tiga matra.

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Dr. Totok Imam Santoso, S.I.P., S.Sos., M.Tr(Han), Danlantamal VI/Makassar Laksma TNI Ivan Gatot Prijanto, S.E., M.Tr.Opsla, dan Pangkoopsau II Marsda TNI Andi Kustoro, S.E. menabur bunga di makam pejuang saat melaksanakan ziarah rombongan di TMP Panaikang, Makassar, dalam rangka HUT ke-78 TNI, Rabu (4/10/2023). (Foto: Pendam XIV/Hsn)

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso dalam sambutannya mengatakan, ziarah rombongan yang dilaksanakan tersebut selain merupakan perintah dari pimpinan TNI, juga sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan NKRI.

“Makna ziarah ini bukan sekadar upacara. Kita tahu pada saat itu para pahlawan dengan gigihnya berjuang, tanpa memikirkan apa-apa, hanya memikirkan merdeka atau mati untuk melepaskan kita dari belenggu penjajah,” ujar Pangdam.

Menurut Pangdam, salah satu tujuan yang ingin diraih dari kegiatan ziarah ke TMP ini adalah mewarisi semangat moral dan mental militansi para pejuang yang telah gugur tersebut.

“Alangkah nistanya kalau kita tidak mengingat perjuangan mereka. Lebih daripada itu, sebetulnya kita ingin mewarisi semangat pantang menyerah, moral, mental, militansi mereka, semangat tidak memikirkan diri sendiri. Semangat NKRI harus ada dalam diri kita, dalam penugasan prajurit TNI ke depan,” papar lulusan terbaik Seskoad 2002 itu.

Terkait puncak peringatan HUT ke-78 TNI Makassar besok, Kamis, 5 Oktober 2023, mantan Danpusenarmed ini menjelaskan bahwa untuk di wilayah Sulsel akan digelar upacara kemudian parade/defile pasukan dan karnaval Alutsista yang lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Puncak HUT TNI besok akan dimeriahkan dengan demonstrasi penanganan antisipasi kerusuhan saat Pemilu 2024, pementasan drama kolosal perjuangan Jenderal Soedirman, dan penampilan kearifan budaya lokal Sulsel,” ujar Mayjen Totok.

Selain itu, lanjut Pangdam, juga dilaksanakan sejumlah agenda, seperti pembagian ribuan paket Sembako, peluncuran sepeda motor ambulans, peresmian renovasi rumah layak huni (RLH), serta pemberian penghargaan kepada prajurit, istri prajurit, wartawan, dan PNS berprestasi dilanjutkan acara hiburan masyarakat.

Selain di TMP Panaikang, Makassar, ziarah rombongan juga dilaksanakan di makam Sultan Hasanuddin di Kelurahan Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, yang dipimpin oleh Dankosek II Marsma TNI Feri Yunaldi, S.E., M.Han.

Sedangkan ziarah rombongan di makam Pangeran Diponegoro yang terletak di jalan Diponegoro, Kelurahan Melayu, Kecamatan Wajo, Kota Makassar, dipimpin oleh Danlanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI Benny Arfan M., MP., MMDS., MSS.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan secara serempak di seluruh wilayah Kodam XIV/Hasanuddin, yakni di jajaran Korem 141/Toddopuli di Kabupaten Bone, Korem 142/Tatag di Mamuju, Sulbar, dan di jajaran Korem 143/Halu Oleo di Kendari, Sultra.

Peringatan HUT ke-78 TNI tahun ini mengusung tema, “TNI Patriot NKRI: Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”. (rus)