Risiko yang Jarang Diketahui dalam Telur Setengah Matang

KABARIKA.ID–Makan telur setengah matang, dengan kuningnya yang masih cair, telah menjadi tren di banyak restoran dan di rumah. Namun, apakah ada risiko kesehatan yang perlu dikhawatirkan?

Tentu perlu dikhawatirkan terlebih lagi mengkomsumsinya terlalu sering. Meski kandungan nutrisinya dinilai lebih tinggi, namun risiko mengonsumsi telur setengah matang juga patut diperhatikan. Salah satu risiko kesehatan dari makan telur setengah matang adalah infeksi bakteri Salmonella.

Telur setengah matang memiliki manfaat dari kandungan gizi yang menjadikan telur sebagai sumber protein yang berkualitas tinggi, vitamin, dan mineral, namun makan telur setengah matang dapat mengubah sifat gizi yang dikandungnya. Selain dari kandungan gizi tersebut juga terdapat potensi risiko terkait bakteri seperti Salmonella yang dapat hadir dalam telur mentah atau setengah matang.

Keamanan dan Risiko yang harus diketahui dalam telur setengah matang yaitu:
1. Salmonella dan Infeksi: Telur setengah matang dapat berisiko menyebabkan infeksi makanan terkait Salmonella, terutama pada kelompok rentan.

2. Penyakit pada Kelompok Rentan: Anak-anak, lansia, ibu hamil, dan individu dengan sistem kekebalan yang lemah lebih rentan terhadap risiko ini.

Untuk menghindari risiko bakteri Salmonella berbahaya yang terdapat pada telur setengah matang, pastikan membeli telur yang sudah dipasteurisasi. Telur setengah matang aman dikonsumsi seperti yang terlihat pada putih dan kuning telurnya yang kenyal.
Jika ingin mendapatkan hasil sempurna, waktu yang disarankan untuk merebus telur setengah matang dengan kuning telur lunak adalah sekitar 6-8 menit sejak air mendidih. Adapun cara untuk mengurangi risikonya ada beberapa cara yaitu:
1. Pilih Telur yang Aman: Pastikan telur yang Anda beli memiliki label berkualitas dan aman, atau pasteurisasi.

2. Pantau Kesehatan: Jika Anda termasuk kelompok rentan, pertimbangkan untuk menghindari telur setengah matang.

Selain itu jika anda memilih makan telur direstoran perlu juga memperhatikan pentingnya Hygiene restoran dan koki yang memiliki peran penting dalam memastikan telur setengah matang disiapkan dengan keamanan dan kebersihan yang tepat.

Mengkonsumsi telur setengah matang dapat menjadi pilihan yang lezat, tetapi perlu dipertimbangkan dengan bijak, terutama oleh kelompok rentan. Pastikan untuk memilih telur berkualitas dan aman, dan beri perhatian pada cara pengolahan dan kebersihan saat memasak. Keamanan adalah kunci untuk menikmati telur setengah matang tanpa risiko yang tidak perlu pada kesehatan Anda..(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *