Presiden Jokowi Dorong Akademi Militer Beradaptasi dengan Perubahan Zaman

Berita675 Dilihat

KABARIKA.ID, MAGELANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Graha Utama Akademi Militer (Akmil) Magelang, Senin (29/01/2024) Jawa Tengah. Graha Utama tersebut memiliki luas 8.068 meter persegi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi minta agar Akmil secepatnya dapat beradaptasi dengan perubahan teknologi, juga harus adaptif terhadap perubahan lanskap politik dan ekonomi dunia.

“Akademi militer harus mampu dan mau menyesuaikan, beradaptasi dengan disrupsi, dengan perubahan teknologi. Oleh sebab itu, stem dalam pembelajaran sangat diperlukan di militer, sains, teknologi, engineering, matematika, semuanya perlu dipelajari,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menambahkan, seluruh calon prajurit TNI yang tengah menimba ilmu di Akmil harus dibekali pembelajaran mumpuni. Karena hal tersebut sangat diperlukan untuk merespon perubahan yang begitu cepat terjadi.

Menurut Presiden, materi pendidikan tersebut sangat penting dalam pengembangan dan penguasaan berbagai Alutsista, lengkap dengan teknologi canggih. Karena kini sudah banyak kapal, pesawat, dan mobil nirawak yang umum ditemukan.

“Kapal tanpa awak sudah sangat biasa, pesawat besar tanpa awak juga biasa, mobil tanpa awak di mana-mana. Drone yang dipersenjatai dengan face recognition bisa mengejar sasaran dengan tepat dan akurat,” tandas Presiden Jokowi.

Graha Utama Akademi Militer Magelang. (Foto: Puspen TNI)

Akmil Magelang, kata Presiden, merupakan fasilitas pendidikan inti untuk melahirkan prajurit-prajurit TNI AD terbaik.

“Ini kawahnya para prajurit terbaik TNI AD, tempat menempa mental, menempa intelektual, dan menempa ketangguhan,” katanya.

Oleh karena itu, Presiden berharap keberadaan graha utama Akmil ini akan semakin menjadikan Akmil Magelang maju dan menghasilkan semakin banyak prajurit tangguh dan profesional.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan (Menhan) RI Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto dalam sambutannya mengatakan, pembangunan Graha Utama Akmil Magelang seluas 8.306 meter persegi, terdiri dari tiga lantai serta renovasi ruang makan Hussein Taruna Akmil dengan kapasitas 1.200 taruna.

Menhan menjelaskan bahwa Kementerian Pertahanan telah berhasil membangun Graha Utama Akmil sebagai bagian dari upaya pembangunan dan pengembangan fasilitas pendidikan di institusi militer.

“Fasilitas ini diharapkan dapat memainkan peran sentral dalam membentuk karakter, mental dan intelektual calon pemimpin TNI dan pemimpin bangsa,” ujar Menhan Prabowo.

Graha Utama Akmil, selain sebagai gedung perkantoran gubernur dan pejabat utama Akmil, juga akan menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara kehormatan militer, upacara penting, penerimaan tamu asing, pelantikan, dan peringatan peristiwa bersejarah.

Turut hadir dalam acara peresmian Graha Utama Akmil, adalah Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, serta sejumlah sesepuh TNI seperti Tri Sutrisno dan Agum Gumelar. (*/rs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *