Kadis PMD Sulsel, Muhammad Saleh Dilantik Jadi Pj Bupati Luwu

Berita830 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sulawesi Selatan (Sulsel), Drs Muhammad Saleh, M.Si akan dilantik menjadi Penjabat (Pj) Bupati Luwu, Rabu, 21 Februari 2024 pagi.

Muhammad Saleh akan dilantik bersama Pj Bupati Wajo Andi Batarilifu oleh Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin di Aula Tudang Sipulung Rumah Jabatan Gubernur Sulsel.

Andi Batarlifu adalah Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepada media, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Sulsel Idham Kadir menyampaikan surat penunjukan keduanya sudsh diterima Pemprov Sulsel dari Kemendagri Jumat (16/2/2024).

Muhammad Saleh akan dilantik langsung oleh Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin.

Surat dari Kemendagri diterima Jumat tanggal 16 Februari 2024.

Hari ini, Selasa (20/2/2024) Muhammad Saleh dan Andi Bataralifu akan mengikuti gladi pelantikan di Aula Tudang Sipulung Rumah Jabatan Gubernur Sulsel.

Nama Muhammad Saleh beberapa waktu belakangan memang bergulir sebagai calon Pj Bupati.

Muh. Saleh yang pernah menjabat sebagai Plt Kadis Sumberdaya dan Energi Pemprov Sulsel santer disebut sebagai calon kuat karena pengalaman dan keberhasilan memimpin di PMD maupun jabatan sebelumnya.

“Iya. Sudah beredar namanya (Kadis PMD Sulsel Muhammad Saleh serta Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Dirjen Otonomi Daerah Andi Batarilifu jadi Pj Bupati),” ujar Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Sulsel Idham Kadir kepada media, Senin (19/2/2024).

Plh Luwu dan Wajo Berakhir

Sebelumnya diberitakan, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin diminta Kemendagri menunjuk Pelaksana harian (Plh) Bupati Luwu dan Wajo menjelang masa jabatan kepala daerah di dua kabupaten itu berakhir.

Bahtiar pun menunjuk Sekda Kabupaten Luwu Sulaiman dan Sekda Wajo Armayani untuk menjadi Plh Bupati di dua wilayah itu.

“Kan besok berakhir masa jabatannya (Bupati-Wakil Bupati) Luwu dan Wajo. Ada juga kami terima surat dari Kemendagri untuk menyampaikan kepada Pj Gubernur untuk menunjuk Sekda Luwu dan Sekda Wajo sebagai Plh Bupati,” ujar Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Sulsel Idham Kadir pekan lalu.

Idham mengatakan surat dari Kemendagri tersebut telah diterima oleh Pemprov Sulsel pada Selasa (13/2/2024).

Dia menuturkan penunjukan Plh Bupati ini karena SK penetapan Pj Bupati untuk kedua daerah tersebut belum ditetapkan.

Pelantikan Muhammad Saleh dan Andi Batarilifu sebagai Pj Kabupaten Luwu dan Kabupaten Wajo, maka tugas Sulaiman (Luwu) dan Armayani (Wajo) sebagai Plh berakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *