Meningkatkan Kesadaran tentang Penyakit Lupus pada Hari Waspada Lupus, 1 April 2024

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Hari Waspada Lupus (Lupus Alert Day) adalah acara kesadaran tahunan yang diperingati pada 1 April. Acara ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran terhadap penyakit lupus dan memberikan dukungan bagi jutaan orang yang menderita penyakit ini.

Lupus adalah penyakit autoimun yang mengancam jiwa, merupakan kelainan dimana sistem kekebalan tubuh manusia, yang dirancang untuk melindungi, menyerang jaringan dan organ dalam tubuh. Akibat yang sering terjadi adalah kerusakan organ yang parah.

Meskipun saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit lupus, namun penyakit ini masih dapat dikendalikan jika diberikan perhatian medis yang tepat sejak awal. Hal ini semakin menekankan pentingnya dan perlunya Hari Siaga Lupus.

Sejarah Hari Waspada Lupus

Melansir laman nationaltoday, Lupus Alert Day diinisiasi oleh Lupus Foundation of America pada tahun 2000. Tujuannya untuk mendidik masyarakat tentang bahaya penyakit lupus, yang secara taktis dikenal sebagai systemic lupus erythematosus (SLE).

Hari Waspada Lupus itu dimulai untuk menyadarkan masyarakat terhadap penyebab, faktor risiko, gejala, dan pengobatan lupus.

Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit lupus. (Foto: superyou.co.id)

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 16.000 orang Amerika menderita lupus setiap tahunnya, dan 90% korbannya adalah perempuan. Penyakit ini umumnya terjadi antara usia 15 dan 44 tahun dan mungkin sulit didiagnosis karena gejalanya mirip dengan penyakit ringan lainnya.

Dokter pada abad ke-18 hingga awal abad ke-19 mengalami kesulitan dalam mendiagnosis penyakit lupus karena kompleksitasnya.

Namun terobosan signifikan dilakukan pada 1948 oleh tim peneliti di Mayo Clinic, yang menyebabkan 60 persen kasus lupus dapat didiagnosis.

Pada 1971 untuk membantu diagnosis lupus, sebuah daftar dikeluarkan oleh American College of Rheumatology (ACR), dengan kriteria rinci untuk SLE.

Kriteria tersebut mencakup gejala-gejala yang dapat ditunjukkan oleh pasien, seperti ruam dan nyeri serta gejala-gejala lain. Dokter dapat mendeteksinya melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium.

Daftar ini bertambah seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya penemuan yang dilakukan.

Lini Masa Hari Waspada Lupus

Diagram (data diadaptasi dari laman nationaltoday): M.Ruslan/kabarika

Fakta Menarik tentang Lupus

1. Lupus tidak bisa menular
Penyakit lupus tidak menular dan tidak dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain.

2. Ada empat jenis lupus
Lupus memiliki empat jenis, yaitu lupus sistemik, lupus kulit (diskoid), lupus akibat obat, dan lupus neonatal.

3. Pengobatan lupus bisa sangat mahal
Laporan dari Lupus Foundation of America menunjukkan bahwa rata-rata biaya perawatan kesehatan langsung tahunan untuk penderita lupus sebesar 33.223-50.000 dolar AS atau sekitar Rp 998,3 – 750 juta.

4. Lupus belum ada obatnya
Sampai saat ini obat lupus belum ada, dokter hanya dapat mengobati lupus sesuai gejalanya karena belum ada obatnya.

5. Lupus bisa berakibat fatal
Rata-rata 12,5 persen pasien lupus meninggal akibat komplikasi penyakitnya.

Mengapa Hari Waspada Lupus Penting

1. Kesempatan untuk meningkatkan kesadaran
Momentum Hari Waspada Lupus dapat meningkatkan kesadaran tentang lupus, memotivasi orang untuk mengikuti kuis lupus, dan memberikan informasi kepada mereka yang membutuhkannya. Masyarakat harus sadar akan kesehatan mereka dan menanggapi gejala-gejala yang mengganggu dengan serius.

2. Ini memberikan bantuan keuangan
Lupus bisa sangat mahal untuk diobati. Dengan berdonasi dan mengajak orang lain untuk berdonasi juga, kita membantu memberikan dukungan finansial bagi orang-orang yang terkena lupus dan dana untuk penelitian.

3. Mengubah sikap masyarakat
Kampanye-kampanye tentang penyakit lupus bertujuan untuk membuat masyarakat peka terhadap penderitaan pengidap lupus. Hal ini juga mendorong pemerintah dan organisasi lain untuk menciptakan kondisi kerja dan sekolah yang menguntungkan bagi para penderita lupus. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *