H-2 Pemudik Masih Padati Pelabuhan Makassar

Berita826 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Puncak arus mudik lebaran Idulfitri 1445 Hijriah diprediksi terjadi H-3. Tapi ternyata H-2 lebaran, Pelabuhan Makassar masih dipadati penumpang mudik baik tujuan ke Indonesia nagian timur atau pun Indonesia bagian barat.

Penyebabnya karena pada Senin (8/4/2024) malam ada dua kapal pelni yang sandar dan berangkat ke kota tujuan, yaitu Kapal Motor (KM) Lambelu tujuan Bau-bau, Maumere dan Larantuka yang rencananya berangkat pukul 21.00 Wita, setelah tiba pukul 19.00 Wita dari Surabaya

Lalu ada KM Sinabung dari Bau-bau tujuan Surbaya dan Jakarta, yang baru akan sandar sekitar pukul 21.00 Wita, dah akan berangkat sekitar pukul 23.00 Wita.

Berdasarkan data dari posko terpadu Pelabuhan Makassar, jumlah pemudik yang turun di Pelabuhan Makassar sebanyak 26.613 orang. Sementara penumpang yang naik sebanyak 29.248 orang

Untuk hari ini, Senin (8/4/2024), jumlah penumpang yang turun 2.076 orang, dan yang naik 2.929 orang.

Jumlah tersebut hanya untuk satu kapal yang berangkat saja. Jumlah pemudik yang berangkat lebih banyak dari jumlah penumpang yang tiba.

GM PT Pelni Cabang Makassar, Muhammad Jabir mengatakan, hari ini menjadi puncak arus mudik, setelah sebelumnya diprediksi akan terjadi pada H-3.

Seperti tahun sebelumnya, penumpang mudik yang menggunakan angkutan laut, dengan kapal Pelni juga mengalami kenaikan.

“Tahun ini, terjadi kenaikan penumpang antara 5-10 persen, karena banyak pemudik yang memilih menggunakan jalur laut baik tujuan Pulau jawa, atau ke Indonesia bagian timur,” pungkas Jabir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *