Berkat Kebijakan Mentan, Petani Pohuwato Siap Panen Raya 1.400 Hektare pada Akhir Mei 2024

Berita224 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR — Sejak menjabat kembali sebagai Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia, Dr. Ir. H. Andi Amran Sulaiman, M.P. mengeluarkan banyak kebijakan yang bersifat taktis dan strategis. Salah satunya adalah upaya khusus swasembada padi, jagung dan kedelai (Upsus Pajale).

Setelah enam bulan menjabat, kebijakan itu kini berbuah manis. Salah satunya adalah rencana panen raya 1.400 hektare lahan sawah di Kabupaten Pohuwatu, Gorontalo.

Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga menyatakan telah mengajukan undangan kepada Mentan untuk menghadiri panen raya di Desa Padengo, Kecamatan Duhiadaa, Kabupaten Pohuwatu pada lahan seluas 1.400 hektare.

Pelaksanaan panen raya tersebut direncanakan berlangsung pada minggu ke-4 bulan Mei ini.

Bupati Pohuwatu sendiri berharap Mentan dapat meluangkan waktunya untuk menyaksikan secara langsung salah satu hasil kebijakannya yang berhasil.

Selain itu, Bupati Pohuwato juga merencanakan agenda penanaman padi gogo bersama masyarakat setempat.

Dalam keterangannya, Bupati Pohuwato menyatakan jike Mentan dapat menghadiri kegiatan tersebut, ia juga dapat menginspeksi langsung titik-titik Pompanisasi yang sudah beroperasi di wilayah Kabupaten Pohuwato.

Kabupaten Pohuwato memiliki potensi lahan sawah seluas 9.000-an hektare yang belum terairi akibat belum optimalnya saluran pengairan dari bendungan Randangan yang dibangun sejak tahun 2016.

“Kami berharap kunjungan Pak Menteri Pertanian ke Pohuwato dapat menyemangati petani-petani di Pohuwato, sambil memberikan dukungan untuk menyukseskan seluruh program pertanian yang selama ini terus di-support oleh Kementerian Pertanian,” ujar Bupati Saipul, beberapa waktu lalu.

Meskipun lokasi panen raya berjarak 130 kilometer dari Bandara Jalaluddin Gorontalo, dan jika ditempuh perjalanan darat memakan waktu kurang lebih 2 jam, namun Bupati Pohuwato menyatakan bahwa dengan fasilitas private jetnya, Mentan RI dapat menjajal bandara Pania Pohuwato yang baru saja diresmikan Presiden RI pada bulan April lalu, dan memiliki panjang runway sekitar 1.200 meter.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Bupati Gorontalo Prof Nelson Pomalingo dan Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga berkunjung ke Kementan, pada Jumat (17/05/2024) dua pekan lalu.

Ketua IKA Unhas Gorontalo, H.M. Dahlan Usman yang tergabung dalam rombongan audiensi saat itu, menyatakan bahwa sejumlah usulan yang diajukan oleh kedua Bupati tersebut terkait bantuan pupuk, benih, Alsintan, dan lain-lain langsung mendapat tanggapan dan respons positif dari Mentan RI, yang juga Ketua Umum IKA Unhas.

Menurut Dahlan, dalam pertemuan tersebut, Mentan yang akrab disapa AAS menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas partisipasi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Pohuwato, dalam mendukung setiap program pemerintah pusat.

Terkait undangan panen raya sawah tersebut, AAS juga menegaskan akan berupaya untuk menghadiri, sekaligus bisa bertatap muka dengan petani dan melihat langsung kondisi pertanian padi sawah di Pohuwato.

Selain itu, Dahlan juga menyatakan bahwa ia mendapat amanah dari Mentan AAS agar mengawal bupati se-Provinsi Gorontalo dalam menyukseskan program pertanian.

Sebab, selain sebagai alumni Unhas, Dahlan juga adalah putra asli Gorontalo. (uca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *