Rapimnas PII: Profesionalitas Insinyur Indonesia Menuju Indonesia Emas 2024

Berita686 Dilihat

KABARIKA.ID, JAKARTA-Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menyelenggarakan Rapimnas (Rapat Pimpinan Nasional) bertempat di Auditorium Kementerian PUPR, Jum’at (31/5). Kegiatan yang bertema “Meneguhkan Peran Insinyur Indonesia dalam Memajukan Bangsa Menuju Era Keemasan Indonesia 2045” ini juga dirangkaikan dengan Perayaan Hari Ulang Tahun PII ke 73.

Pada kata sambutannya, Ketua Umum PII, Dr.Ir.Danis Hidayat Sumadilaga,M.Eng.SC, IPU, ACPE, APEC Eng. menyatakan selama kurun waktu Desember 2022 hingga Mei 2024, PII telah berhasil meraih berbagai pencapaian yang cukup fenomenal.

“Per bulan Mei 2024, telah teregistrasi di PII 86.000 insinyur, 30.000 Profesional Engineer, lebih dari 7 perwakilan PII di luar negeri (Singapore, Malaysia, Kuwait, US, Australia, NZ dan RRC), 27 Badan Kejuruan, 225 lebih cabang dari 34 propinsi di Indonesia, 2800 ASEAN Engineers terdaftar dan 400 lebih APEC Engineers teregistrasi,” ungkap Danis.

“Selain itu,”lanjutnya lagi,” PII bersama dengan The Institution Engineers of Australia (Engineers Australia – EA) telah menandatangani Mutual Recognition Agreement (MRA) terkait pengakuan insinyur profesional antara kedua institusi. MRA ini akan memberikan benefit yang sangat luas dalam hal peningkatan mobilitas keinsinyuran para Insinyur kedua negara”.

“PII juga berpartisipasi dan menginisiasi beragam kegiatan terkait keinsinyuran. Misalnya, ASEAN Engineering Register Roadshow di Berbagai Kota, melaksanakan CAFEO di Bali Bulan November 2023 lalu,melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah di 43 Perguruan Tinggi yang sudah memiliki ijin PSPPI, berpartisipasi dalam World Water Forum di Bali di bulan Mei 2024, Pembentukan PII chapter Tiongkok dan New Zealand, hingga Webinar Renewable Energi,”tambah Danis.

Di kesempatan Rapimnas PII tersebut, juga ditetapkan lokasi pelaksanaan Kongres PII pada bulan Desember 2024 mendatang yaitu di Yogyakarta. Hermawan Ardianto, sebagai wakil calon tuan rumah pelaksanaan Kongres PII tersebut menyatakan kesiapan pelaksanaan dan untuk memeriahkan akan mengadakan beragam kegiatan Pre-Kongres.

Sementara itu, Wakil Ketua PII Dr.-Ing. H. Ilham Akbar Habibie, Dipl.Ing., M.B.A, dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa PII harus lebih menambah effort khususnya dalam meningkatkan motivasi pendidikan keinsinyuran dimana disinyalir pada Generasi-Z saat ini menunjukkan indikasi penurunan.

“Tentunya hal ini mesti dibarengi dengan peningkatan kapasitas industri yang kapable, sehingga penyerapan tenaga insinyur semakin banyak dan pada saat yang sama bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi serta perkembangan zaman,”ujar Ilham bersemangat.

Rangkaian acara Rapimnas PII ditutup secara resmi oleh Ketua Umum PII  kemudian dilanjutkan dengan perayaan HUT ke-72.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *