KABARIKA.ID, MAKASSAR — Darah tinggi biasa juga disebut hipertensi, kondisi ini biasa menyebabkan komplikasi kesehatan yang membahayakan nyawa jika terus dibiarkan. Darah tinggi bisa menyebabkan peningkatan terjadinya penyakit jantung, _stroke_, hingga kematian.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Darah tinggi bisa terjadi pada seseorang apabila terlalu banyak darah yang dipompa oleh jantung dan akibat sempitnya pembuluh darah pada arteri.

Darah tinggi bisa terjadi kepada siapapun, namun seseorang yang memiliki usia yang lebih tua memiliki kemungkina lebih besar mengalami darah tinggi.

Maka dari itu adapun makanan yang bisa menurunkan atau menstabilkan darah tinggi.

Berikut 6 makanan yang bisa membantu menurunkan darah tinggi:

1. Bawang putih
Bawang putih adalah salah satu makanan yang dipercaya bisa menurunkan darah tinggi, cara mengonsumsinya yaitu dimakan mentah dan harus digeprek atau dicacah terlebih dahulu lalu diamkan kurang lebih lima menit di udara bebas serta jangan dimasak atau digoreng lalu dimakan, bawang putih harus dimakan mentah.

2. Belimbing
Kandungan _kalium_ dan _potasiun_ pada buah belimbing sangat bermanfaat untuk menstabilkan darah tinggi bisa dikonsumsi dengan cara dibuat jus dan bisa juga lansung dimakan.

3. Buah kiwi
Buah kiwi ada dua macam yaitu kiwi hijau kiwi kuning yang mempunyai khasiat yang sama yaitu dapat menurunkan darh tinggi, namun kiwi kuning lebih banyak mengandung gula jadi bagi penderita kencing manis lebih baik mengonsumsi kiwi hijau dan mengurangi mengonsumsi buah kiwi kuning.

4. Buah berry
_Strawberry_, _blueberry_, _blackberry_ adalah buah yang mengandung _antioksidan_ yang bermanfaat untuk menekan atau menurunkan darah tinggi namun tidak boleh ada campuran atau diolah, dimasak misalnya dijadikan slai lalu dikonsumsi itu tidak bisa menurunkan berat badan, jadi harus dimakan mentah atau secara langsung.

5. Mentimun
Buah timun mengandung _magnesium_ dan _potasium_ yang bermanfaat untuk melebarkan saluran darah agar tidak menyempit sehingga tidak terjadi penyumbatan dan dapat melancarkan peredaran darah.

Buah timun harus dikonsumsi secara mentah.

6. Ikan laut
Semua jenis ikan laut bagus dikonsumsi oleh penderita darah tinggi karena ikan laut mengandung _Omega_ _3_, _EPH_, _Kalium_ yang bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi tapi harus dikonsumsi dengan cara dikukus.

Selain itu hindari mengonsumsi ikan yang digoreng dan dibakar serta ikan yang terlalu banyak bumbu, misalnya terlalu banyak garam, lada, cabai itu tidak dianjurkan.

Apalagi ikan asin karena asin atau garam dapat menghisap air yang ada ditubuh kita dan mengakibatkan tekanan darah akan naik.

Ikan yang bisa dikonsumsi secara mentah seperti salmon, sashimi lebih bagus khasiatnya daripada yang sudah matang.