KABARIKA.ID, IKN — Presiden Joko Widodo melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) Bina Bangsa School Nusantara, di Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Alhamdulillah, pagi hari ini kita kembali melakukan peletakan batu pertama/groundbreaking pembangunan Bina Bangsa School Nusantara, sekolah internasional yang menggunakan kurikulum Cambridge untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak kita di IKN,” kata Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.

Presiden menuturkan, Bina Bangsa School Nusantara akan didukung oleh fasilitas-fasilitas modern dalam pembelajaran yang interaktif dan inovatif dengan menerapkan smart school yang mendidik siswa untuk terbuka terhadap teknologi dan menerapkan pembelajaran yang fokus pada kreativitas, kolaborasi, dan pemikiran kritis.

“Kehadiran Bina Bangsa School di IKN menunjukkan keseriusan komitmen kita untuk menyediakan berbagai fasilitas pendukung di Ibu Kota Nusantara, termasuk menghadirkan lembaga pendidikan internasional yang berkualitas dunia,” ujar Presiden.

Selain Bina Bangsa School Nusantara, sudah ada tujuh sekolah yang dalam proses pembangunan di Ibu Kota Nusantara.

Bina Bangsa School Nusantara diharapkan dapat menyelenggarakan pendidikan yang berkelas dunia, mempromosikan pendidikan global berkelas tinggi, dan memberikan pilihan pendidikan yang bermutu bagi warga IKN yang berasal dari berbagai daerah, dari berbagai negara, dan latar belakang.

Jokowi juga melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) Gedung Kampus Program Doktor International Universitas Gunadarma.

“Saya sangat menghargai, mengapresiasi, universitas pertama yang akan dibangun di Ibu Kota Nusantara, yaitu universitas Gunadarma. Yang nanti akan mengambil program doktoral internasional yang bekerja sama dengan universitas di Prancis, di Slovakia, di Swedia, dan lain-lainnya,” kata Presiden Jokowi.

Presiden mengharapkan dengan keberadaan Kampus Program Doktor International Universitas Gunadarma, di Kabupaten Penajam Paser Utara mampu meningkatkan kualitas SDM-SDM yang Indonesia miliki nantinya.

“Karena memang sekarang persaingan antarnegara, kompetisi antara SDM-SDM di sebuah negara dengan negara yang lain ini begitu sangat ketatnya.”

Jokowi meyakini dengan dibangunnya Universitas Gunadarma di Ibu Kota Nusantara ini akan memperbaiki, meningkatkan, dan mengembangkan SDM-SDM Indonesia, khususnya warga di Kalimantan Timur dan di Kalimantan.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini peletakan batu pertama/groundbreaking Kampus Program Doktor International Universitas Gunadarma secara resmi saya nyatakan dimulai,” paparnya.

Selain itu Presiden Jokowi juga meletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Gedung Kantor PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk, di IKN.

Ia mengatakan bahwa investasi di IKN seperti membeli masa depan dan perbankan memiliki peran strategi dalam mendukung transformasi ekonomi dan pembangunan.

“Jadi kalau Bank BTN membangun head office-nya atau cabangnya di Nusantara ini tidak salah, tidak keliru. Karena, memang akan banyak sekali dibutuhkan pembiayaan untuk investasi di properti di Ibu Kota Nusantara ini,” ujarnya.