KABARIKA.ID, MAKASSAR — Hari Keamanan Pangan Sedunia (World Food Safety Day) yang diperingati pada tanggal 7 Juni setiap tahun, menyoroti pentingnya mengadopsi praktik terbaik dalam produksi, penyimpanan, dan penanganan pangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga keamanan pangan, mendorong inisiatif keamanan pangan di seluruh dunia, dan melindungi pangan kita dengan segala cara.

Sebelum makanan kita sampai ke toko, restoran, dan bahkan ke mulut kita, makanan tersebut melalui rantai panjang distribusi yang dikelola oleh orang-orang yang menangani proses, seperti pemanenan, pemrosesan, penyimpanan, distribusi, dan penyajian.

Oleh karena itu, peringatan Hari Hari Keamanan Pangan Sedunia menjadi penting karena dalam rantai panjang pengelolaan pangan, terdapat beberapa kemungkinan terjadinya kontaminasi.

Dari proses mengolah bahan pangan hingga penyajian makanan harus menjaga kualitas dan keamanannya. (Foto: Ist.)

Keamanan pangan merupakan konsep yang sangat penting karena bertujuan untuk memastikan makanan kita ditangani dengan baik dan sangat hati-hati sebelum sampai ke tangan kita.

Makanan yang aman adalah faktor kunci dalam menentukan kesehatan kita secara keseluruhan, karena apa pun yang kita konsumsi akan dicerna dan menyebar dengan mudah ke bagian lain tubuh kita melalui aliran darah.

Sejarah Hari Keamanan Pangan Sedunia

Hari Keamanan Pangan Sedunia ditetapkan oleh Majelis Umum PBB pada Desember 2018, yang mengakui pentingnya keamanan pangan sebagai prioritas kesehatan masyarakat.

Selain itu, juga untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya etika dan keamanan pangan di semua tahap rantai makanan.

Hari Keamanan Pangan Sedunia yang pertama diperingati pada 7 Juni 2019. Hari penting ini diprakarsai oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) PBB dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), untuk menyoroti perlunya upaya global yang terkoordinasi dalam mengatasi masalah keamanan pangan.

Tema Hari Keamanan Pangan Sedunia 2024

Tema Hari Keamanan Pangan Sedunia tahun 2024 adalah “Safe Food Now for a Healthy Tomorrow” atau “Pangan yang Aman Sekarang untuk Masa Depan yang Sehat.”

Tema ini menekankan pentingnya peran pangan yang aman dalam menjamin masa depan yang sehat bagi individu maupun masyarakat.

Hal ini menekankan pentingnya sistem produksi pangan berkelanjutan yang dapat mencegah penyakit bawaan makanan, dan berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat jangka panjang.

Tema kampanye yang diluncurkan oleh FAO bekerja sama dengan WHO untuk Hari Keamanan Pangan Sedunia 2024. (Foto: fao.org)

Adapun tema kampanye yang diluncurkan oleh FAO bekerja sama dengan WHO pada Hari Keamanan Pangan Sedunia 2024, adalah “Food Safety: Prepare for the Unexpected” atau “Keamanan Pangan: Kesiapsiagaan untuk Kondisi yang Tidak Terduga”.

Lini Masa Hari Keamanan Pangan Sedunia

Embrio lahirnya kesadaran mengenai pentingnya menjaga keamanan pangan secara global, muncul sejak terbentuknya organisasi pangan dunia. Puncaknya terjadi pada tahun 2018 ketika PBB menetapkan peringatan hari keamanan pangan global. Berikut tahun-tahun bersejarah mengenai Hari Keamanan Pangan Sedunia dalam bentuk diagram.

Diagram: diadaptasi dari national today/M. Ruslan

Bagaimana Berpartisipasi dalam Peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia

Ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan, baik secara mandiri maupun berkelompok yang hasil akhirnya adalah meningkatkan pengetahuan tentang cara mengelola pangan yang sehat dan aman, serta meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai keamanan pangan.

Berikut beberapa kegiatan yang bisa menjadi inspirasi untuk dilakukan.

a. Mendidik diri sendiri dan orang lain. Pelajari praktik penanganan keamanan pangan dan bagikan pengetahuan itu kepada keluarga, teman, dan komunitas Anda.

b. Promosikan kebersihan. Pastikan Anda mengikuti praktik kebersihan yang benar saat menangani dan menyiapkan makanan. Cuci tangan, peralatan, dan permukaan bahan makanan dengan baik.

c. Mendukung praktik pangan yang aman. Beli makanan atau bahan makanan dari sumber terpercaya yang mengikuti standar keamanan, dan mendukung kebijakan keamanan pangan yang lebih baik di wilayah Anda.

d. Hadiri acara atau ikuti webinar. Berpartisipasilah dalam acara, lokakarya, dan webinar yang diselenggarakan oleh otoritas dan organisasi keamanan pangan, untuk tetap mendapatkan informasi tentang perkembangan terkini dan praktik terbaik dalam keamanan pangan.

e. Bagikan ke media sosial. Gunakan platform media sosial untuk menyebarkan kesadaran tentang Hari Keamanan Pangan Sedunia dan mengenai pentingnya keamanan pangan.

Fakta Menarik tentang Keamanan Pangan

Kesadaran mengenai keamanan pangan perlu terus ditingkatkan dari waktu ke waktu, dan dari generasi ke generasi. Sebab, perkembangan saat di mana tempat-tempat pengolahan pangan makin banyak di ruang-ruang terbuka dalam praktik bisnis, berpotensi terkontaminasi dalam proses pengolahannya.

Berikut lima fakta menarik tentang keamanan pangan yang perlu menjadi perhatian.

1. Penyakit yang diderita sangat banyak
Ada lebih dari 250 penyakit bawaan makanan di dunia yang terlah terdeteksi.

2. Pembekuan menghentikan pertumbuhan bakteri
Membekukan makanan atau bahan makanan membantu memperlambat atau mungkin menghentikan pertumbuhan bakteri.

3. Patogen makanan mempunyai banyak segi
Patogen yang sama penyebab keracunan makanan, juga dapat menyebabkan gagal ginjal, radang sendi, dan meningitis.

4. Pembuka kaleng dan keracunan makanan
Pembuka kaleng yang tidak dicuci dengan bersih diketahui menjadi salah satu penyebab utama keracunan makanan karena sisa makanan.

5. Tidak ada sinyal campuran
Semua makanan harus disimpan panas atau dingin dan tidak di antara keduanya, alias tidak dicampur aduk.

Makanan jajanan yang banyak ditemukan di tempat umum, juga harus aman dan bersih dari penyakit bawaan pangan. (Foto: Ist.)

Hari Keamanan Pangan Sedunia tahun 2024 yang mengusung tema “Pangan Aman Sekarang untuk Masa Depan Sehat”, menekankan pentingnya memastikan keamanan pangan demi kesejahteraan generasi sekarang dan yang akan datang.

Dengan meningkatkan kesadaran, mendorong praktik terbaik, dan membangun kolaborasi global, peringatan ini memainkan peran penting dalam mengurangi penyakit bawaan makanan dan mendorong dunia yang lebih sehat dan aman. (rus)