Mengapa Hari Keamanan Pangan Sedunia itu Penting?

KABARIKA.ID, MAKASSAR — Masyarakat global dan berbagai komunitas memperingati Hari Keamanan Pangan Sedunia (World Food Safety Day) hari ini, 7 Juni 2024. Momentum ini merupakan wadah untuk menyatukan pandangan sekaligus menguatkan komitmen masyarakat dunia untuk peduli pada keamanan pangan.

Oleh karena itu, peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia ini merupakan peristiwa penting karena sejumlah alasan.

Pertama, meningkatkan kesadaran. Hal ini mengantar masyarakat dunia untuk menyadari pentingnya keamanan pangan dan potensi bahaya kesehatan yang ditimbulkan oleh makanan yang terkontaminasi. Dengan meningkatkan kesadaran, hal ini mendorong masyarakat untuk mengambil tindakan pencegahan guna memastikan makanan mereka aman untuk dikonsumsi demi kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang.

Kedua, mempromosikan aksi global. Melalui peringatan Hari Keamanan Pangan Sedunia kita mempromosikan upaya internasional untuk meningkatkan sistem keamanan pangan. Hal ini mendorong pemerintah, organisasi kemasyarakatan, dan individu untuk berkolaborasi dan menerapkan strategi untuk mengurangi risiko akibat penyakit bawaan makanan.

Ilustrasi. Kita semua bertanggung jawab untuk memastikan makanan yang terhidang di meja makan terjamin keamanannya sejak awal proses. (Foto: onlymyhealth)

Ketiga, mendorong praktik terbaik. Hari Keamanan Pangan Sedunia menyoroti pentingnya mengadopsi praktik terbaik dalam produksi, penyimpanan, dan penanganan pangan. Hal ini mencakup segalanya, mulai dari pertanian hingga meja makan, memastikan bahwa makanan tetap aman pada seluruh rantai pasok.

Keempat, mendukung pembangunan berkelanjutan. Pangan yang aman sangat penting untuk mencapai banyak Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB, khususnya yang berkaitan dengan kesehatan (SDG 3), kelaparan (SDG 2), dan pertumbuhan ekonomi (SDG 8). Memastikan keamanan pangan berkontribusi terhadap gizi yang lebih baik, mengurangi penyakit bawaan makanan, dan mendukung pembangunan ekonomi.

Kelima, memberdayakan konsumen. Peringatan ini memberdayakan konsumen dengan pengetahuan tentang praktik keamanan pangan, membantu mereka membuat pilihan berdasarkan informasi tentang apa yang mereka makan, dan bagaimana mereka menangani makanan di rumah.

Peringatan tahunan ini sejatinya juga mendorong peningkatan pengetahuan dan kesadaran bahwa makanan sehat sama dengan hidup sehat.

Hal ini penting karena semakin tinggi kesadaran seseorang mengenai keamanan pangan, maka semakin banyak tindakan yang dapat diambil dan proses yang akan ditetapkan untuk melindungi pangan kita dari berbagai kontaminasi yang membahayakan kesehatan. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *