Sulsel – Kroasia Siap Bersama-sama Hadirkan Kemajuan di Berbagai Sektor

Berita1409 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR — DPRD Sulsel terus mendukung Pemprov Sulsel membuka relasi internasional. Salah satu langkah terbaru adalah rencana Pemerintah Kroasia untuk mendirikan Konsulat Jenderal di Sulsel, dengan harapan program-program kerja sama dapat meningkatkan pembangunan di wilayah tersebut.

Hal tersebut terlihat saat Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari menghadiri Opening Ceremony Of The Consulate Of The Republik Croatia di Hotel Novotel Makassar, Jumat, 7 Juni 2024.

Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Karika Sari berharap hubungan kerja sama Pemprov Sulsel bersama Kroasia bisa menghadirkan banyak kemajuan di Sulsel, khususnya di bidang infrastruktur, pariwisata, budaya, pendidikan, dan kesehatan.

Konsul Kehormatan Kroasia di Makassar, Munafri Arifuddin, menyelenggarakan upacara pembukaan resmi kantor konsulatnya di Hotel Novotel.

Upacara tersebut dihadiri oleh Duta Besar Kroasia untuk Indonesia, Nebosja Koharovic, Direktur Jenderal Politik dari Kementerian Luar Negeri dan Eropa Kroasia Petar Mihatov, Ketua DPRD Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari, serta tamu undangan lainnya.

Republik Kroasia adalah negara yang dikenal lebih dari 70 persen pendapatannya berasal dari sektor pariwisata, dengan kondisi geografis dan garis pantai yang indah yang mirip dengan Sulawesi Selatan. Kroasia telah berhasil mengelola industri pariwisata dan perhotelan dengan baik.

“Dari tampilan kita hampir mirip sama-sama punya laut dan wisata,” kata Munafri Arifuddin.

Dia menilai bahwa Kroasia adalah negara yang spesifik berbeda dengan negara Eropa lainnya. Populasi hanya sekitar 4 juta jiwa. Tetapi turis yang berkunjung lebih 20 setahun.

“Dengan kehadiran Konsul ini diharapkan akan dapat memberikan manfaat untuk Sulsel. Banyak hal yang bisa kita kerjasamakan terutama bidang pariwisata serta pembangunan sumber daya manusia termasuk kerjasama antara kampus serta hubungan dagang,” sebutnya.

Direktur Jenderal Politik dari Kementerian Luar Negeri dan Eropa Kroasia Petar Mihatov menyampaikan kesan disambut hangat oleh Pemerintah dan orang-orang Sulsel.

Direktur Jenderal Politik dari Kementerian Luar Negeri dan Eropa Kroasia Petar Mihatov menyampaikan kesan disambut hangat oleh Pemerintah dan orang-orang Sulsel.

“Dengan ini kami percaya bahwa negara lain akan membuka konsulat jendral mereka di sini,” ujarnya.

Sementara, Penjabat Gubernur Prof Zudan menyampaikan, berbagai kebutuhan dapat dipenuhi oleh Sulsel. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berharap, dengan adanya kantor konsulat di Makassar dapat membuka peluang kerjasama tidak hanya pada sektor pariwisata tapi juga sektor lainnya.

“Banyak potensi yang dapat dikerjasamakan termasuk di bidang investasi dan pendidikan,” sebutnya.

Dengan semangat kerjasama yang baru terjalin, upacara pembukaan kantor konsulat Kroasia di Makassar menandai awal dari babak baru dalam hubungan bilateral antara Kroasia dan Sulawesi Selatan.

“Mari kita sambut keterbukaan dunia ini dengan memberikan pelayanan yang bagus dan informasi yang bagus,” tandasnya.

Seiring dengan harapan yang tinggi, pintu konsulat baru ini siap menyambut peluang dan persahabatan yang akan datang, membangun jembatan yang menghubungkan orang-orang dan bisnis di lintas benua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *