Site icon KABARIKA

IKA Unhas Sulbar Berkurban Tiga Ekor Sapi, Petugas Kebersihan Kantor Gubernur Juga Kebagian Daging Kurban

KABARIKA.ID, MAMUJU — Pengurus IKA Unhas wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) menyembelih tiga ekor sapi untuk kurban. Penyembelihan dilakukan usai pelaksanaan salat Iduladha, Senin (17/06/2024).

Tiga ekor sapi kurban tersebut dipotong di dua tempat. Dua ekor pertama dipotong di halaman rumah ibu Hj. Ariani (salah seorang pengurus IKA Unhas Sulbar) yang terletak samping kantor Samsat Mamuju. Pemotongan dilakukan pada pukul 08.00 WITA.

Satu ekor lainnya disembelih pada pukul 16.00 WITA di halaman Rujab Sekda Sulbar.

Ketua IKA Unhas wilayah Sulbar, Dr. Muhammad Idris, M.Si menyiram untuk menyucikan sapi kurban sebelum disembelih, Senin (17/06/2024) di halaman Rujab Sekda Sulbar, Mamuju. (Foto: Ist.)

Jumlah hewan kurban milik IKA Unhas Sulbar itu juga telah dilaporkan kepada PHBI Kabupaten Mamuju.

Pembagian daging kurban menyasar 30 KK yang rentan stunting, masyarakat miskin, dan kaum duafa di Desa Tadui, Kabupaten Mamuju.

Selain itu, IKA Unhas Sulbar juga membagikan daging kurban kepada 57 petugas kebersihan (cleaning service) Kantor Gubernur Sulbar.

Secara keseluruhan jumlah daging kurban yang dibagikan kepada warga yang berhak sebanyak 150 paket.

Seorang warga kaum duafa di Desa Tadui, Kabupaten Mamuju, memperlihatkan paket daging kurban yang diterima dari panitia kurban IKA Unhas Sulbar, Senin (17/06/2024). (Foto: Ist.)

Hal itu sejalan dengan salah satu tujuan ibadah kurban, yakni memperkuat kepedulian sosial dan solidaritas antara sesama umat Islam.

Selama pelaksanaan kurban, mulai hari raya Iduladha hingga hari ketiga hari tasyrik, masyarakat saling berbagi daging kurban dengan orang-orang yang membutuhkan, termasuk fakir miskin, yatim piatu, dan kaum dhuafa.

Ibadah kurban juga menciptakan rasa kebersamaan, persatuan, dan saling peduli antarsesama muslim. Di dalamnya mengandung pengajaran nilai-nilai saling berbagi, empati, dan kepedulian sosial dalam masyarakat. (rus)

Exit mobile version