Kloter SUB-01 Surabaya Mengawali Gelombang Pertama Pemulangan Jemaah Haji ke Tanah Air

Berita182 Dilihat

KABARIKA.ID, JEDDAH — Setelah menyelesaikan seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji, kini dimulai fase pemulangan jemaah haji Indonesia ke Tanah Air. Kelompok terbang (Kloter) SUB-01 Embarkasi Surabaya (SUB-01) mengawali gelombang pertama pemulangan jemaah haji ke Tanah Air, dari Jeddah, Sabtu (22/06/2024).

Rombongan Kloter SUB-01 yang berasal dari Bojonegoro, Jawa Timur, itu sudah tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, pada Jumat (21/06/2024) malam sekitar pukul 21.15 WAS.

Mereka diterbangkan ke Tanah Air pukul 03.15 WAS dan dijadwalkan tiba di Bandara Djuanda Surabaya, pada Sabtu (22/6/2024) pukul 21.05 WIB.

Rombongan perdana debarkasi ini menggunakan maskapai Saudi Airlines dengan nomor penerbangan SV-5632.

Ilustrasi jemaah haji Indonesia menaiki tangga pesawat Saudia Airline yang akan menerbangkannya ke Tanah Air. (Foto: Ist.)

Total ada 371 orang jemaah dengan rincian 366 jemaah dan lima orang petugas haji. Pemulangan Kloter SUB-01 kemudian diikuti tiga Kloter lainnya, yakni BTH-01, SUB-02 dan SUB-03.

Sekretaris Daker Bandara, Asep Rohadian mengatakan ada empat Kloter yang mengawali pemulangan jemaah haji ke tanah air dari Bandara King Abdul Azis Jeddah. Para jemaah yang akan kembali ke Indonesia dipastikan dalam kondisi sehat.

“Secara keseluruhan, kondisi semua jemaah sehat meski sejumlah Lansia harus didorong dengan kursi roda,” kata Asep di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Jumat (21/06/2024).

Setelah ini, lanjut Asep, total ada 21 Kloter yang dipulangkan ke Tanah Air dengan rincian, 15 Kloter pulang melalui Bandara King Abdul Azis Jeddah, dan enam Kloter melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMMA) Madinah.

Para jemaah haji yang pulang ke Tanah Air dilarang membawa air zam-zam. “Kami dari PPIH Arab Saudi sudah mengeluarkan surat edaran kepada jemaah untuk tidak membawa air zam-zam, baik di koper bagasi maupun kabin,” kata Asep.

Selanjutnya, pada Selasa 25 Juni 2024, total ada 21 Kloter yang dipulangkan ke Tanah Air. Masing-masing 15 Kloter melalui Bandara King Abdul Azis Jeddah, dan enam kloter melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah.

Sedangkan untuk fase pemulangan pertama, melalui Bandara AMAA Madinah, dimulai pukul 07.30 WAS. Kloter 1 Embarkasi Solo (SOC 01) terbang dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia, dengan nomor penerbangan GA-6201 mengangkut 360 jemaah, terdiri atas 355 jemaah dan lima orang petugas.

Pemulangan gelombang pertama tahun ini tidak seluruhnya melalui Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah. Ada lebih dari 40 Kloter yang dipulangkan melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis, Madinah. (*/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *