Tiba Besok, PPIH Debarkasi Makassar Gelar Rakor Persiapan Penjemputan Jemaah Haji

Berita219 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar menggelar rapat koordinasi (Rakor) di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar, Sabtu (22/6/2024) sore.

Rakor ini bertujuan untuk mematangkan persiapan menyambut kedatangan jemaah haji yang akan tiba di tanah air mulai tanggal 23 Juni hingga 20 Juli 2024.

Rakor dipimpin oleh Sekretaris PPIH Debarkasi Makassar, H Ikbal Ismail, yang juga Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel.

Dalam sambutannya, Ikbal menyampaikan bahwa kloter pertama jemaah haji Debarkasi Makassar dijadwalkan tiba pada Ahad, 23 Juni pukul 14.40 Wita.

“Jumlah jemaah yang diberangkatkan melalui Embarkasi UPG Makassar sebanyak 16.644 orang. Namun, dengan duka cita mendalam, kami laporkan bahwa terdapat 15 jemaah yang wafat selama di tanah suci, ungkap Ikbal.

Melihat jumlah jemaah yang besar ini, Ikbal menekankan pentingnya komitmen dan kerja sama seluruh petugas PPIH dalam memberikan layanan terbaik kepada jemaah haji.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PPIH Embarkasi – Debarkasi UPG Makassar, H Muh Tonang. “Mari kita lakukan koordinasi yang baik antara semua pihak. Setiap instansi terkait memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Saling dukunglah satu sama lain untuk memberikan layanan terbaik kepada jemaah kita,” katanya.

Tonang menyampaikan beberapa poin penting dalam Rakor, antara lain, koordinasi antar instansi, memberi layanan maksimal, seremoni penerimaan yang singkat, prioritas lansia, jemaah risti (berisiko tinggi), dan disabilitas.

“Siapkan tempat khusus bagi jemaah lansia, resti, dan disabilitas agar mereka dapat terlayani lebih awal. Dengan komitmen dan kerja sama semua pihak, diharapkan proses pemulangan jemaah haji dapat berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman,” pungkas Tonang. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *