Jemaah Haji Kloter Pertama Tiba, 18 Orang Butuh Kursi Roda

Berita671 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR – Kloter pertama jemaah haji Embarkasi UPG Makassar yang diberangkatkan pada 12 Mei 2024 mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar Ahad, 23 Juni 2024, sekaligus menandai dimulainya gelombang pertama pemulangan jemaah haji Debarkasi Makassar.

Kloter 01 ini diberangkatkan dari Bandara Pangeran Muhammad Bin Abdul Aziz Madinah pada Sabtu, 22 Juni 2024 dan tiba di Makassar pukul 16.41 WITA dengan menggunakan maskapai Garuda nomor penerbangan 1201.

Sebanyak 450 jemaah haji mengisi kloter 01, terdiri atas 441 jemaah haji asal Kota Makassar, 8 Petugas Kloter (TPIH, TPIHI, TKHK, PHD), dan 1 jemaah tanazul masuk eks kloter 06. Di antara jemaah haji, 147 orang merupakan lansia, dengan 18 orang di antaranya membutuhkan bantuan kursi roda.

Jemaah yang membutuhkan kursi roda mendapatkan perhatian khusus dari petugas PPIH Bidang Lansia. Mereka dijemput sejak turun dari pesawat, dibantu naik bus, dan diprioritaskan dalam proses penerimaan di Aula Arafah.

Kedatangan kloter 01 disambut Pelaksana harian Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, H Andi Darmawan Bintang, dalam prosesi penyambutan di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar.

Ketua PPIH Embarkasi – Debarkasi Makassar, H Muhammad Tonang, mengungkapkan rasa syukur atas kembalinya kloter 01 dengan selamat. Ia juga menekankan bahwa seluruh proses penerimaan jemaah haji tidak boleh lebih dari dua setengah jam.

“Diharapkan para jemaah haji dapat menjadi teladan bagi masyarakat dan menyebarkan nilai-nilai kebaikan.
Seluruh petugas haji diapresiasi atas pelayanan dan bimbingan mereka kepada jemaah haji,” ungkap Tonang.

Asisten Satu Kota Makassar, Andi Muh Yasir berharap, para jemaah haji yang kembali dapat menjadi teladan bagi masyarakat dan menyebarkan nilai-nilai kebaikan yang diperoleh selama menunaikan ibadah haji. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *