TNI AD Bangun 89 Sumur Bor untuk Airi 150 Ribu Hektare Sawah di Kabupaten Kukar

Berita136 Dilihat

KABARIKA.ID, KUKAR — TNI terus bergerak mengimplementasikan kerja sama kolaboratif dengan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam program pompanisasi dan pipanisasi dalam rangka mewujudkan swasembada pangan.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kaltim, TNI AD membuat 89 titik sumur bor (artesis) untuk mengairi 150 ribu hektare sawah tadah hujan di wilayah itu.

Pembuatan atau pembangunan 89 titik artesis ini masuk dalam program TNI Manunggal Air untuk Pertanian, yang dibangun secara bertahap sejak 2023 sampai saat ini.

Program ini merupakan instruksi dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak untuk mendukung swasembada pangan.

Proyek pembuatan sumur artesis ini dilaksanakan oleh anggota Kodim 0906/Kukar dan melibatkan partisipasi masyarakat yang bermukim sekitar lahan.

“Selama ini petani setempat hanya satu kali tanam dalam setahun, sehingga dengan adanya pengairan pompanisasi ini petani bisa menanam dua kali setahun,” ujar Komandan Kodim (Dandim) 0906/Kukar, Letkol Czi. Damai Adi Setiawan, Senin (1/07/2024) di Makodim 0906/Kukar di Tenggarong.

Letkol Damai menambahkan, selain bekerja sama dengan Kementan, TNI AD melalui Kodim 0906/Kukar juga bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat.

“Ada juga kerja sama dengan pemerintah daerah. Fokusnya untuk memperkuat distribusi air kerja sama dengan Kementerian Pertanian dan TNI AD dalam program pompanisai dan pipanisasi,” ujar Letkol Damai.

Sebaran sumur bor yang ada saat ini, tambah Letkol Damai, berada di wilayah Kecamatan Tenggarong, Kecamatan Tenggarong Seberang, Muara Kaman, dan Kecamatan Sebulu.

Wilayah ini dipilih sesuai tingkat kebutuhan air dan berdasarkan luasan lahan sawah yang sedang dikelola warga.

“Sebagai daerah penyangga, potensi pertanian Kukar cukup besar untuk menyiapkan kebutuhan pangan di IKN. Ini sesuai arahan komando atas Pangdam dan Komandan Korem. Saat ini sudah ada enam sumur bor siap pakai,” papar Letkol Damai.

Kodim 0906/Kukar merupakan satuan jajaran Korem 091/Aji Surya Natakesuma, di bawah Kodam VI/Mulawarman di Kalimantan Timur. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *