Kloter 10 Embarkasi Palembang Awali Gelombang II Fase Pemulangan Jemaah Haji ke Tanah Air, Hari Ini

Berita115 Dilihat

KABARIKA.ID, MADINAH — Fase pemulangan jemaah haji ke Tanah Air kini memasuki gelombang II. Jemaah kelompok terbang (Kloter) 10 Embarkasi Palembang (PLM-10) merupakan rombongan pertama yang diberangkatkan ke Tanah Air, dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah.

Jemaah haji Kloter PLM-10 bertolak dari Bandara AMAA menuju Palembang pada Kamis (4/07/2024), pukul 04.20 WAS (Waktu Arab Saudi).

Jemaah Kloter PLM-10 berasal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan (Sumsel) sebanyak 443 orang jemaah.

Mereka diangkut dengan 11 bus dari hotel menuju Bandara AMAA Madinah. Keberangkatan mereka dari hotel dilepas oleh Kepala Daker Madinah, Ali Machzumi, pada pukul 23.30 WAS.

“PLM-10 ini merupakan Kloter pertama yang akan kembali ke Tanah Air, setelah kurang lebih sembilan hari berada di Madinah,” ujar Ali Machzumi, Kamis (4/07/2024) saat melepas keberangkatan jemaah dari hotel menuju Bandara AMAA.

Petugas Haji Indonesia melepas Kloter Embarkasi Solo (SOC 42) sebanyak 360 jemaah sebagai Kloter terakhir fase pemulangan jemaah haji gelombang I, Kamis (4/07/2024). Mereka diterbangkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah menuju Indonesia, pukul 01.30 WAS. (Foto: Kemenag)

Ali mengatakan tidak ada kendala dalam pemulangan perdana jemaah haji gelombang II ini.

“Alhamdulillah, kita tadi proses menurunkan jemaah dari kamar menuju loby hotel semuanya berjalan lancar. Jemaah sudah siap. Saat bus datang, jemaah langsung masuk ke dalam bus masing-masing. Bahkan jemaah sudah siap satu jam sebelum jadwal keberangkatan bus ke Bandara,” ujar Ali.

Mukani (55) salah seorang jemaah asal OKU Timur mengaku senang, namun juga sedih karena harus meninggalkan Kota Nabi.

“Secara keseluruhan pelayanan petugas haji bagus, pelayanan hotel juga bagus, pelayanan pembimbing haji, dan petugas haji juga bagus karena membantu semua jemaah,” ujar Mukani.

Bersama Kloter PLM 10 ada 21 Kloter lainnya yang akan diterbangkan ke Tanah Air hari ini, Kamis, 4 Juli 2024.

Proses pemulangan jemaah haji gelombang II dari Madinah ini akan berlangsung hingga 23 Juli mendatang. Total 324 Kloter yang seluruhnya akan diterbangkan ke Tanah Air dari Bandara AMAA Madinah menuju Indonesia.

Penutup Pemulangan Gelombang I

 

Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Saiful Mujab, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam, Sekretaris Daker Bandara Asep Rohadian, dan para petugas haji Daker Bandara, berfoto bersama dengan jemaah haji Kloter 10 Embarkasi Palembang (PLM 10) sebagai Kloter terakhir fase pemulangan gelombang I. (Foto: Kemenag)

Fase pemulangan jemaah haji gelombang I juga berakhir hari ini, Kamis (4/07/2024).
Kloter 42 Embarkasi Solo (SOC 42) menjadi rombongan terakhir yang meninggalkan Arab Saudi menuju Tanah Air. Sebanyak 360 orang jemaah diterbangkan dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, pukul 01.30 WAS.

“Total ada 88.936 jemaah haji Indonesia yang telah kembali ke Indonesia pada fase pemulangan gelombang I,” ujar Subhan, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri pada Ditjen PHU Kemenag RI saat melepas kepulangan jemaah SOC 42 di Paviliun D 4 Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Kamis (4/07/2024).

Fase pemulangan gelombang I terdiri dari 229 Kloter. Sebanyak 183 Kloter terbang dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah, dan 46 Kloter berangkat dari Bandara AMAA Madinah menuju Tanah Air. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *