KABARIKA.ID, SURABAYA–Prestasi gemilang diraih karateka putri Universitas Hasanuddin dalam Asean Universty Games 2024 di Surabaya-Malang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Alhamdulillah, trio mahasiswi Universitas Hasanuddin merebut emas Kata Beregu Putri pada Asean University Games 2024,” kata Prof Arsunan Arsin, Jumat (5/7/2024).

Ketiga mahasiswi UNHAS yang naik podium menerima medali emas, yakni Amylia Putri Akbar (Hukum/Fakultas Hukum), Ananditha Mutia Zahara (Administrasi Publik/Fisip) dan Rezqy Dinda Amaliah Ichwan (Hukum/Fakultas Hukum).

Kata (型:かた) secara harfiah berarti bentuk atau pola. Kata dalam karate tidak hanya merupakan latihan fisik atau aerobik biasa.

Tapi juga mengandung pelajaran tentang prinsip bertarung. Gerakan-gerakan Kata juga banyak mengandung falsafah-falsafah hidup.

Prof Arsunan Arsin (kedua dari kiri) pada rapat Pengurus Pusat BAPOMI.

Ketiga Srikandi UNHAS berhasil menyingkirkan karateka lain dinilai berdasarkan prinsif-prinsif Kata tersebut.

Seni bela diri karate l berasal dari ”Negeri Sakura” Jepang

Karate mulai berkembang pesat di Indonesia pada 1960-an, masuk ke Tanah Air dengan membawa aliran sendiri-sendiri.

Forki

Pada 1972, berbagai perguruan karate bergabung ke dalam Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki).

Meski jumlah perguruan banyak, tetap masih dikenal adanya ”aliran” yang menjadi penuntun utama.

Ada empat aliran besar yang kemudian jadi patokan bagi Federasi Karate Dunia (WKF) untuk melaksanakan setiap kejuaraan yang mereka gelar.

Keempatnya adalah aliran shito-ryu yang merupakan dasar dari perkembangan karate pada masa awalnya.

Aliran ini lebih mementingkan kelembutan dalam setiap gerakan.

Dalam Forki, perguruan yang menganut aliran shito-ryu, antara lain, Shindoka dan Gabungan Bela diri Karate-Do (Gabdika) Shito-Ryu Indonesia.

Kemudian, ada aliran goju-ryu yang hampir sama dengan shito-ryu. Hanya, aliran goju-ryu lebih menekankan pada gerakan kombinasi antara kelembutan dan kekerasan.

Goju-ryu juga unggul dalam seni pernapasan atau sanchin. Goju-Ryu Karate-Do Shinbukan Seluruh Indonesia (Gokasi), Gojuryu Karate-Do Indonesia (Gojukai), dan Gojuryu Association (Goju Ryu Ass) adalah contoh perguruan penganut aliran goju-ryu dalam Forki.

Berikut aliran shotokan yang mengglobalkan seni bela diri karate lewat guru besarnya, Gichin Funakoshi, lalu turun kepada Masatoshi Nakayama.

Shotokan mengembangkan teknik dengan mengutamakan gerakan frontal dan keras melalui perguruan tinggi Takushoku University di Tokyo, Jepang.

Aliran yangbpaling besar pengikutnya di Indonesia antara lain, Institut Karate-Do Indonesia (Inkai), Indonesia Karate-Do (Inkado), Institut Karate-Do Nasional (Inkanas), Lembaga Karate-Do Indonesia (Lemkari), dan Shotokai.

Terakhir adalah aliran wado-ryu yang lebih mengutamakan sistem kuncian pada persendian dan bantingan. Seperti Wadoryu Karate-Do Indonesia (Wadokai).

Trio karateka putri UNHAS peraih emas AUG.2024 di Surabaya-Malang. Foto: ist

Surabaya-Malang

Asean University Games 2024 adalah ajang olahraga dua tahunan yang tahun ini dilaksanakan di Surabaya dan Malang, Jawa Timur sejak 25 Juni hingga 6 Juli 2024.

Berbagai cabang olah raga dipertandingkan dalam Asean Universty Games 2024 (AUG).

Di tengah acara penyelenggaraan Asean University Games st21, Pengurus Pusat BAPOMI juga melaksanakan rapat pengurus

“Kami rapat untuk persiapan Munas BAPOMI yang akan dilaksanakan pada bulan Juli ini,” kata Prof Arsunan.

Prof. Arsunan sempat didaulat menyerahkan medali ke pemenang Asean University Games 2024.

Mantan aktivis ini ditugaskan mengalungkan medali emas kepada tiga pemenang cabang Olahraga Taekwondo.

“Saya hadir sebagai salah satu wakil ketua Pengurus BAPOMI (Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia) Pusat,” kata Arsunan, yang akrab disapa Prof. Cunan.

Pada perhelatan ini, kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum Asean University Games 2024 (AUG).

Perhelatan akbar ini diikuti lebih dari 2.500 atlet dan official yang datang dari seluruh Asia Tenggara.

Event itu juga menghadirkan sekitar 4.500 relawan. Acara ini sangat luar biasa karena menyatukan banyak orang dari seluruh Asia Tenggara.

AUG menjadi representasi kekuatan Asia Tenggara. Nilai yang terkandung dalam AUG tidak hanya sportifitas tapi juga solidaritas, rasa saling menghormati, hingga kerja sama.

Selamat kepada trio karateka putri UNHAS. Kami bangga.