PSM Unhas Kembali Raih Juara I Kategori “Folklore Indigenous Music with Choreography” di Selandia Baru

Berita, Kabar Unhas707 Dilihat

KABARIKA.ID, MAKASSAR — Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali meraih prestasi membanggakan. Kali ini, PSM Unhas berhasil meraih juara I pada ajang internasional bertajuk “World Choir Games Auckland New Zealand 2024” kategori Folklore Indigenous Music with Choreography.

Ini merupakan ajang tertinggi paduan suara dunia yang diselenggarakan di Kota Auckland, Selandia Baru. Keberhasilan ini berdasarkan pengumuman yang berlangsung pada, Minggu (14/07/2024) pukul 12.00 waktu setempat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pelatih Paduan Suara Mahasiswa Unhas Ari Anshari Sanusi, memegang medali yang diraih PSM Unhas sebagai juara I pada ajang internasional “World Choir Games Auckland New Zealand 2024” kategori Folklore Indigenous Music with Choreography. (Foto: Humas Unhas)

Melalui wawancara, pelatih PSM Unhas Ari Anshari Sanusi menjelaskan, untuk mengikuti perlombaan tersebut, PSM Unhas telah melakukan serangkaian persiapan, termasuk proses seleksi penyanyi yang terlebih dahulu diaudisi dari seluruh anggota aktif PSM, kemudian latihan materi lomba.

“Persiapannya kurang lebih satu tahun, banyak hal yang kami lakukan untuk mengikuti kompetisi ini. Ke depannya, tentu kami berharap PSM Unhas dapat terus ikut berkompetisi internasional, karena selain berlomba kegiatan ini sangat baik untuk memperkenalkan Indonesia, Makassar dan Universitas Hasanuddin,” jelas Ari.

Secara umum, PSM Unhas mengikuti dua kategori lomba, yakni Folklore and Indigenous Music A Cappella dengan lagu Inninawa (Bugis), Si Patokaan (Minahasa) dan Yamko Rambe Yamko (Papua).

Tim Paduan Suara Mahasiswa Unhas berfoto bersama sebagai ekspresi kegembiraan usai dinyatakan sebagai juara I pada ajang internasional “World Choir Games Auckland New Zealand 2024” kategori Folklore Indigenous Music with Choreography. (Foto: Humas Unhas)

Adapun untuk kategori Folklore and Indigenous Music with Choreography, lagu yang dinyayikan adalah Pa’ Teinde (Toraja) dan Langkan Maega (Toraja).

Pada kategori Folklore and Indigenous Music with Choreography, PSM Unhas berhasil meraih juara I dengan nilai 91.50. Dalam perlombaan ini, setidaknya terdapat 40 negara yang ikut berkompetisi.

Sebelumnya, PSM Unhas meraih medali emas untuk kategori lomba yang sama tahun 2023 lalu di Korea Selatan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *