KABARIKA.ID, MAKASSAR – Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla (JK), mendorong relawan untuk tidak hanya tanggap saat terjadi bencana alam, tetapi yang utama bagi JK adalah memprioritaskan metode antisipasi terjadinya bencana alam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurut JK, hal tersebut penting agar menghilangkan persepsi jika PMI selama ini hanya tanggap pada banjir, longsor, atau bencana lainnya.

“Kita harus memprioritaskan dan berusaha untuk memperbaiki lingkungan sehingga seluruh relawan diwajibkan menanam pohon setiap tahun,” kata JK dalam sambutannya usai melantik pengurus PMI Sulsel Periode 2023-2028 di Hotel Novotel Makassar, Sabtu (20/7/2024).

Tak hanya menanam pohon sendiri, seluruh relawan juga diminta untuk mengajak keluarga, rekan, dan kerabatnya melakukan penanaman pohon secara bersama-sama.

Bahkan, matan Ketua Umum Pengurus Pusat IKA UNHAs itu mrngaku, akan meminta para relawan untuk mempelajari teknologi penghijauan dalam upaya mendukung antisipasi terjadinya bencana alam tersebut.

“Ini untuk mencegah bencana yang lebih besar di masa yang akan datang,” tambah Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 tersebut.

Dengan upaya tersebut, JK mengungkapkan akan melengkapi fungsi utama PMI yang selama ini hanya dikenal melakukan donor darah.

Pada kesempatan yang sama, JK juga menjelaskan bahwa fungsi PMI adalah berbuat baik dengan ikhlas dan kerelawanan serta merupakan gerakan kemanusiaan. Ini juga yang menjadi alasan JK gencar mengkampanyekan perdamaian. (*)