KABARIKA.ID, MAKASSAR — Sebagai bentuk penghormatan sekaligus untuk mendoakan almarhum KH Dr. Hamzah Haz, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin melaksanakan salat gaib untuk Wapres ke-9 RI itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Salat gaib tersebut dilaksanakan setelah salat Jumat, (26/07/2024) di Masjid Baiturrahman, Kompleks Kantor Sekretariat Wapres Jakarta Pusat.

Bertindak sebagai imam salat gaib adalah imam rawatib Masjid Istiqlal, ustad H. Ahmad Muzakkir Abdurrahman.

Salat gaib ini diikuti para pejabat dan pegawai sekretariat Wapres (Setwapres). Juga ikut para peserta Konferensi Dai ASEAN yang sebelumnya beraudiensi dengan Wapres.

Para Dai tersebut berada di Indonesia untuk mengikuti Konferensi Internasional Dai ASEAN yang diselenggarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI), 26-28 Juli 2024 di Jakarta.

Wapres ke-9 RI Hamzah Haz meninggal dunia, pada Rabu (24/07/2024), sekitar pukul 09.45 WIB.

Usai disalatkan di masjid dekat kediamannya, jenazah Hamzah Haz dibawa ke Jawa Barat untuk dimakamkan di pemakaman keluarga di daerah Cisarua, Kabupaten Bogor.

Hamzah Haz lahir di Ketapang pada 15 Februari 1940. Ia merupakan alumni Akademi Koperasi Negara, Yogyakarta (1962) dan Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura, Pontianak (1970).

Hamzah Haz mengawali karier sebagai guru pada 1960. Ia juga pernah menjadi wartawan pada surat kabar Bebas di Pontianak, hingga menjadi pimpinan umum harian Berita Pawau di Kalimantan Barat.

Dalam dunia politik, Hamzah Haz adalah tokoh senior yang menjabat sebagai Wapres mendampingi Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri pada periode 2001-2004.

Sebelumnya, Hamzah Haz juga pernah menjabat Menteri Negara Investasi/Kepala BKPM pada era Presiden B.J. Habibie.

Hamzah Haz juga sempat menjadi Wakil Ketua DPR RI. Pada era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ia dipercaya menjadi Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pengentasan Kemiskinan (Menko Kesra dan Taskin). (rus)