KABARIKA.ID, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) kini punya ketua baru yang definitif menggantikan Hasyim Asy’ari yang telah diberhentikan oleh DKPP pada 3 Juli 2024 akibat tindakan asusila.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Rapat pleno KPU yang dihadiri seluruh anggota beserta Sekjen KPU memutuskan Mochammad Afifuddin (Afif) menjadi Ketua KPU RI secara definitif, Minggu (28/07/2024) di Gedung KPU RI, Jakarta.

Peserta rapat pleno adalah enam pimpinan KPU RI, yaitu Mochamad Afifuddin, Parsadana Harahap, Yulianto Sudrajat, Betty Epsilon Idroos, Idham Kholik, dan August Mellaz serta Sekjen KPU, Bernard Dermawan Sutrisno.

“Hari ini karena kebutuhan organisasi, kami melaksanakan rapat pleno secara lengkap, dihadiri enam pimpinan KPU RI,” kata Komisioner KPU RI August Mellaz.

Afif menggantikan Hasyim, karena sebelumnya telah dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI. Hasyim dinilai terbukti melakukan kasus asusila terhadap seorang wanita berinisial CAT di Belanda.

Afif sebelumnya menjabat sebagai anggota Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI. Pasca pemecataran Hasyim, Afif kemudian ditunjuk sebagai pelaksana tugas Ketua KPU RI.

Setelah menjabat Ketua KPU, Afif akan menjalankan tugasnya sesuai masa jabatan pada periode KPU RI saat ini, hingga tahun 2027. (*/rs)