KABARIKA.ID, PENAJAM PASER UTARA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (28/07/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Jembatan ini terletak di jalan tol IKN Seksi 3A, Karang Joang-KKT Kariangau.

“Kami resmikan jembatan Pulau Balang, yang seberangi Teluk Balikpapan. Itu menghubungkan Balikpapan dengan Penajam Paser Utara, juga Kalimantan Timur ke Kalimantan Selatan,” ujar Presiden Jokowi.

Menurut Kepala Negara, jembatan ini dibangun sejak 2015 dan menghabiskan anggaran sebesar Rp 1,43 triliun.

“Dan, tadi sudah kita coba jalan tol meskipun belum selesai 100 persen, tadi mulus dan nyaman,” kata Kepala Negara.

Naik Sepeda Motor ke Lokasi Acara

Ada pemandangan unik dan menarik pada rangkaian acara peresmian jembatan Pulau Balang di IKN tersebut.

Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri, dan pemengaruh (influencer) mengendarai sepeda motor menuju ke lokasi acara peresmian jembatan. Mereka start dari awal Tol IKN di Balikpapan menuju titik acara.

Presiden Joko Widodo naik sepeda motor bersama sejumlah menteri dan pemengaruh menuju lokasi peresmian jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (28/07/2024). (Foto: kbrn)

“Menteri PUPR, Pak Basuki menyebabkan kita tadi harus ngebut, di depan ngebut terus. Kalau kita nggak ikutan ngebut, kita ketinggalan,” kata Presiden.

Presiden Jokowi mengendarai sepeda motor modifikasi Kawasaki W 175 berwarna hijau dengan garis silver. Pada motor tersebut terdapat tulisan RI 1 berwarna hitam.

Pada momen tersebut Presiden Jokowi mengenakan jaket dan celana motor berwarna hitam. Di bagian dada jaket terdapat tulisan dan logo Nusantara.

Sejumlah menteri yang ikut mengendarai motor adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)/Pj Ketua Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono. Selanjutnya Wamen ATR/Wakil Ketua OIKN Raja Juli Antoni.

Presiden Bermalam di Istana Presiden IKN

Kehadiran Presiden Jokowi ke IKN kali ini tidak hanya untuk meresmikan jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, tetapi sekaligus juga untuk bermalam di IKN, tepatnya di istana negara atau istana kepresidenan.

Ini akan menjadi pertama kalinya Kepala Negara menginap di Istana Kepresidenan IKN.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa energi pendukung di Istana Kepresidenan sudah masuk dan berfungsi.

“Saya sudah diberitahu bahwa air sudah masuk, listrik ada. Kamar ada, tempat tidurnya ada, jadi bisa tidurlah,” ujar Presiden saat memberikan keterangan pers di Embung A IKN.

Presiden Jokowi juga menuturkan sebagian furnitur Istana Kepresidenan sudah terisi, termasuk ruang kerjanya.

Artis dan Pemengaruh Turut Hadir

Untuk mengamplifikasi berita dan informasi terkini tentang IKN melalui media sosial, Presiden Jokowi dalam unjungannya ke IKN kali ini mengajak sejumlah artis dan pemengaruh (influencer).

Mereka adalah pasangan suami istri Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, serta Gading Marten. Juga ada Irwansyah beserta istri Zaskia Sungkar, Ananda Omesh bersama istrinya, Dian Ayu Lestari.

Artis dan pemengaruh lainnya adalah Ferry Maryadi, YouTuber Atta Halilintar dan istri Aurel Hermansyah, serta Poppy Sovia, Sintya Marisca, dan penggiat media sosial Willie Salim beserta pasangannya. (rus)