Site icon KABARIKA

Temui Presiden Erdogan, Menhan Prabowo Bahas Penguatan Kerja Sama Pertahanan RI–Turkiye

KABARIKA.ID, MAKASSAR — Menteri Pertahanan (Menhan) yang juga Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto melawat ke Turkiye menemui Presiden Recep Tayyip Erdogan di Ankara, pada Selasa (30/07/2024).

Lawatan Prabowo ke Eropa ini adalah rangkaian dari kunjungan kerjanya menjelang berakhirnya masa jabatan sebagai Menhan.

Kedatangan Prabowo di Ankara disambut dengan upacara kenegaraan di Istana Kepresidenan Turkiye. Usai penyambutan, Menhan Prabowo dan Presiden Erdogan mengadakan pertemuan.

Prabowo mengatakan, pertemuannya dengan kepala negara Turkiye dalam rangka penguatan kemitraan strategis di bidang kerja sama pertahanan dan industrinya.

Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan menyambut Menhan yang juga Presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto dengan prosesi kenegaraan di Ankara, Selasa (30/07/2024). (Foto: Humas Kemhan)

Menurut Menhan, Indonesia dan Turkiye sebagai pemimpin di kawasan harus berkontribusi besar terhadap perdamaian dunia.

“Hubungan ini harus ditingkatkan dalam rangka membangun rasa saling percaya,” kata Prabowo dalam keterangannya, Rabu (31/07/2024).

Presiden terpilih itu juga menginginkan adanya peningkatan kapasitas angkatan bersenjata maupun peningkatan di sektor industri pertahanan antara Indonesia dan Turkiye.

Dalam kunjungannya ke Turkiye, Prabowo juga menemui Menlu Turkiye Hakan Fidan dan Menhan Yasar Guler.

Menhan Prabowo Subianto diterima oleh Menhan Turkiye, Yasar Guler di Ankara, Selasa (30/07/2024). (Foto: Humas Kemhan)

 

Menemui Presiden Prancis dan Presiden IOC

Sudah lebih sepekan Menhan Prabowo keliling Eropa. Sebelumnya Menhan Prabowo menemui Presiden Prancis Emmanuel Macron, pada Rabu (24/07/2024).

Keduanya membahas kerja sama di berbagai aspek, termasuk aspek potensial yang bisa dikembangkan.

Keberadaannya di Eropa bertepatan dengan pembukaan Olimpiade Paris 2024. Menhan Prabowo sempat menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas Paris 2024 bersama Presiden Prancis, Macron, pada Jumat malam (26/07/2024) waktu setempat.

Sehari sebelum menemui Presiden Erdogan, Presiden terpilih ini juga menemui Presiden Serbia, Aleksandar Vucic pada Senin (29/07/2024). Keduanya juga membahas tentang kerja sama pertahanan.

Berkenaan dengan momentum penyelenggaraan Olimpiade Paris 2024, Prabowo juga menemui Presiden International Olympics Committee (IOC), Thomas Bach di Paris.

Dalam pertemuannya, Presiden terpilih Prabowo membahas potensi Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 mendatang.

Selain itu, Menhan Prabowo juga berupaya mendorong cabang olahraga pencak silat dapat dimasukkan dalam daftar cabang olahraga yang dipertandingkan pada olimpiade mendatang.

Selain itu, Menhan Prabowo juga menemui Presiden FIFA, Gianni Infantino di Paris. Dalam pertemuannya itu, Menhan Prabowo ditemani oleh Ketua Umum PSSI yang juga Menteri BUMN, Erick Thohir serta Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo. (rus)

 

Exit mobile version