KABARIKA.ID, MAKASSAR — Semarak UKMK Sawit Makassar 2024 mulai digelar di Trans Mall Makassar, Kamis, (1/8/2024) Siang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Pada kesempatan itu, Direktur Perencanaan dan Pelaksana Kemitraan BPDPKS, Kabul Wijayanto memperkenalkan Semarak UKMK Sawit dan menjelaskan konstribusi besar komoditas sawit di Indonesia dalam aspek ekonomi dan ketahanan pangan.

“Sawit harus berdaya untuk masyarakat dan berjaya di Indonesia, jadi kata kuncinya berdaya dan percaya, Banyak manfaat sawit bagi indonesia, mulai ekonomi dan ketahanan pangan,” katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (2/8/2024).

Kabul Wijayanto mengatakan, UKMK Sawit diharapkan banyak manfaat bagi Indonesia ini. ” Komoditasnya sangat strategis bagi indonesia dan nggak perlu cerita lagi. Sebab kita pakai dari keseharian semuanya full 24 jam,”ungkapnya.

Apalagi, jelasnya, dari ekonomi merupakan aspek sosial, ia sudah menyinggung UKMK Sawit sudah bisa mandiri dan ketahanan energi.

“Ketahanan pangan semua digunakan komoditasnya lebih unggul. Jadi kita perlu bersyukur sekali indonesia memiliki tanaman dengan namanya kelapa sawit. Artinya pohon ajaib, kenapa karena dengan menghasilkan minyak sawit mentah,” ucap Kabul Wijayanto.

Lebih jauh, lanjutnya, komoditas ini sangat-sangat bermanfaat indonesia, mulai dari aspek ekonomi. Bahkan telah berkontribusi untuk ekspor non migas di Indonesia.

“Sumbangsih dari ekspor untuk kelapa sawit itu. Di saat kemarin kita sudah mengarungi covid, jadi kelapa sawit merupakan objek yang baik untuk dimajukan lagi,”urainya.

Dia kembali menjelaskan ekspor komoditas sawit di Indonesia sangat tinggi dan bisa berkontribusi meningkatkan pendapatan negara sebesar 28,45 miliar.

Dengan adanya pendapatan sawit yang meningkat di masyarakat, maka akan ada infrastruktur yang lebih baik lagi.