KABARIKA.ID, MAKASSAR — Indonesia berhasil mencapai Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kesehatan menyeluruh hanya dalam kurun waktu 10 tahun, berkat sistem asuransi kesehatan yang dikelola BPJS Kesehatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Keberhasilan Indonesia itu mendapat pengakuan internasional dan diganjar dengan penghargaan.

Presiden ISSA (International Social Security Association), Sri Dato Mohammed Azman Aziz mengapresiasi BPJS Kesehatan atas pencapaian tersebut.

Menurut Sri Dato Azman, ini sebuah pencapaian yang mengukuhkan BPJS Kesehatan sebagai salah satu sistem jaminan kesehatan paling progresif di dunia. Oleh karena itu, Indonesia berhak mendapat penghargaan.

Presiden ISSA Sri Dato Azman menyerahkan “Penghargaan Universal Health Coverage” yang diterima oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, Kamis (8/08/2024) di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Ilustrasi pelayanan kepada peserta BPJS di kantor BPJS Kesehatan. (Foto: Ist.)

Sri Dato Azman mengatakan, Indonesia mampu mencapai UHC lebih cepat dibandingkan Korea Selatan.

“Pertama, saya ingin mengucapkan selamat kepada BPJS Kesehatan atas pencapaian yang luar biasa ini. Ini adalah rekor,” ujar Sri Dato Azman.

Menurutnya, Korea Selatan membutuhkan waktu 12 tahun untuk meraih pencapaian serupa.

Sebagai organisasi yang menaungi 162 negara dan lebih dari 340 institusi, ISSA juga mencatat komitmen UHC BPJS Kesehatan.

“Pencapaian yang ditargetkan Indonesia adalah 98 persen, dan Indonesia telah mencapai 98,19 persen. Insya Allah, kami berharap dalam tahun yang akan datang, Indonesia akan mencapai cakupan lengkap 100 persen, seperti yang dikatakan Wakil Presiden Indonesia,” kata Sri Dato Azman.

Pencapaian cakupan kesehatan universal Indonesia saat ini, lanjut Sri Dato Azman, menunjukkan komitmen BPJS Kesehatan yang luar biasa. Selama ini BPJS Kesehatan juga terlibat aktif dalam kegiatan ISSA.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi Kesehatan dalam organisasi ISSA.

Sri Dato Azman menegaskan mengenai pentingnya kerja sama internasional, dan berbagi praktik terbaik dengan anggota ISSA di seluruh dunia. (rus)