KABARIKA.ID, JAKARTA — Indonesia kini berada pada urutan ke-28 pada daftar negara peserta Olimpiade Paris 2024, berdasarkan perolehan medali. Posisi itu lompat dari urutan ke-58 setelah memperoleh dua medali emas dari cabang olahraga panjat tebing dan angkat besi. Indonesia sebelumnya telah meraih medali perunggu dari cabang olahraga bulutangkis.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menanggapi perolehan dua medali emas dari kontingen Indonesia tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi positif. Presiden Jokowi pun berjanji memberikan bonus kepada atlet penerima medali emas.

Menurut Presiden Jokwi, masyarakat Indonesia turut senang dan gembira atas perolehan medali emas atlet Indonesia tersebut.

“Ya, saya sangat senang, saya sangat mengapresiasi,” ujar Presiden Jokowi kepada awak media, Jumat (9/08/2024) usai menghadiri acara Penyerahan SK TORA (Tanah Objek Reforma Agraria) dan Peninjauan Expo Festival LIKE (Lingkungan-Iklim-Kehutanan-Energi) 2 di Jakarta Convention Center, Jakarta.

“Masyarakat saya kira, senang semuanya terhadap perolehan emas dari Veddriq Leonardo di panjat tebing, dan juga baru saja Rizki Juliansyah juga di angkat besi. Saya kira negara mengapresiasi, rakyat sangat mengapresiasi terhadap capaian emas itu,” tambah Presiden Jokowi.

Kepala Negara mengatakan, pemerintah akan memberikan bonus kepada atlet berprestasi yang meraih medali di Olimpiade.

“Ya, nanti dibicarakan, yang jelas nanti ada bonus,” tandas Presiden Jokowi.

Capaian atlet peraih medali emas

Seperti diketahui, atlet panjat tebing Veddriq Leonardo berhasil mempersembahkan medali emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Pria kelahiran Pontianak, 11 Maret 1997 itu mengalahkan wakil Tiongkok, Wu Peng, dalam final yang diselenggarakan di Le Bourget Climbing Venue, pada Kamis (8/08/2024).

Dia membukukan waktu 4,75 detik atau 0,02 detik lebih cepat dari lawannya yang mencatat waktu 4,77 detik.

Sementara medali emas kedua diraih atlet angkat besi, Rizki Juniansyah, dini hari tadi, Jumat (9/08/2024).

Atlet berusia 21 tahun, kelahiran 17 Juni 2003 itu, berhasil mencatat total angkatan sebesar 354 kilogram, mengungguli lawan-lawannya di kelas 73 kg.

Rizki berhasil menyelesaikan angkatan Snatch dengan berat 155 kg, sedangkan angkatan Clean & Jerk sukses diselesaikan dengan berat 199 kg.

Angkatan Clean & Jerk tersebut sekaligus memecahkan Rekor Olimpiade.

Indonesia kini berhasil mendapatkan dua medali emas dan satu perunggu di arena Olimpiade Musim Panas Paris 2024.

Medali perunggu diraih pebulu tangkis tunggal putri Greogria Mariska Tunjung. Ia meraih perunggu setelah lawannya, Carolina Marin dari Spanyol, mundur akibat cedera saat pertandingan. (rus)