KABARIKA.ID, PONTIANAK — Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, pengurus Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar donor darah dan bakti sosial.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kegiatan donor darah tersebut dilaksanakan, pada Sabtu (10/08/2024) di sekretariat IKA Unhas Kalbar, jalan Perdana No. 999 Kota Pontianak.

Ketua panitia dr. Joni T. Parinding, Sp.PK mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sosial dan komitmen IKA Unhas Kalbar dalam mendukung kesehatan masyarakat, serta memperingati hari Kemerdekaan RI dengan kegiatan yang bermanfaat bagi banyak orang.

“Kegiatan donor darah dan bakti sosial yang diselenggarakan oleh IKA Unhas Kalbar ini dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, adalah bagian dari komitmen untuk berkontribusi kepada masyarakat, khususnya PMI akan ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkannya di Kalimantan Barat, khususnya di Kota Pontianak,” ujar dr. Joni.

Suasana pelaksanaan kegiatan donor darah IKA Unhas Kalbar, Sabtu (10/08/2024) di sekretariat IKA Unhas Kalbar, jalan Perdana No. 999 Kota Pontianak. (Foto: Ist.)

Ia menambahkan kegiatan donor darah ini terlaksana atas kerja sama antara IKA Unhas Kalbar, Palang Merah Indonesia (PMI), Dinas Kesehatan Kalbar, serta pemerintah daerah setempat.

Pendonor terdiri dari anggota IKA Unhas Kalbar dan masyarakat umum. Panitia berhasil mengumpulkan 79 kantong darah, sama dengan usia Kemerdekaan RI pada tahun 2024 ini.

Dokter Joni menuturkan, darah yang terkumpul tersebut diserahkan kepada PMI Kalbar, untuk selanjutnya didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Sementara itu, Ketua IKA Unhas Kalbar Dr. H. M. Toasin Asha, M.Si menyampaikan, selain donor darah IKA Unhas juga mengadakan bakti sosial berupa pembagian sembako, khususnya bagi mereka yang telah menjadi pendonor.

Selain itu, juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan secara gratis, meliputi pemeriksaan kolesterol, asam urat, dan gula darah.

“Tentunya, kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI, tetapi juga untuk memperkuat solidaritas sosial dan membangun kebersamaan di antara para alumni dan masyarakat,” ujar M. Toasin.

Dengan mengadakan bakti sosial dan donor darah seperti ini, lanjut M. Toasin, IKA Unhas Kalbar berusaha memberikan dampak positif yang nyata kepada masyarakat, sekaligus memperingati Kemerdekaan RI dengan cara yang bermakna dan bermanfaat bagi banyak orang.

Acara ini dikemas secara menarik dan akrab antara anggota IKA Unhas dengan masyarakat umum yang menjadi peserta donor darah.

“Hal ini terlihat dengan diadakannya gim-gim menarik, dialog antara panitia dan peserta serta disediakan doorprize menarik dari pendukung acara,” kata M. Toasin.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan, Yuliana, SKM yang hadir mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan donor darah IKA Unhas Kalbar yang dirangkaikan dengan bakti sosial.

Sekretaris Dinas Kesehatan, Yuliana, SKM yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, memperlihatkan plakat yang diberikan oleh Ketua IKA Unhas Kalbar, Dr. H. M. Toasin Asha, M.Si, Sabtu (10/08/2024) di sekretariat IKA Unhas Kalbar, jalan Perdana No. 999 Kota Pontianak. (Foto: Ist.)

“Ini sangat menarik di mana kegiatan berlangsung di tengah-tengah masyarakat, di Sekretariat IKA Unhas Kalbar, dengan memberikan pelayanan pemeriksaan penyakit tidak menular secara gratis,” ujar Yuliana.

Menurutnya, keaktifan IKA Unhas Kalbar yang baru seumur jagung memberikan bukti nyata bahwa IKA Unhas Kalbar memiliki harapan besar untuk dapat bersinergi dengan berbagai pihak, khususnya Dinas Kesehatan untuk menjadi mitra dalam bidang kesehatan.

“Selamat dan tetap berkiprah dalam membantu pemerintah dalam penanganan permasalahan yang ada, khususnya ketersediana darah dan bidang kesehatan lainnya di Kalbar,” tandas Yuliana. (san)