KABARIKA.ID, IKN NUSANTARA — Suasana Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur, Senin pagi ini (12/08/2024) sangat berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Para menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) hadir dengan mengenakan kostum batik, meskipun ada juga yang tidak mengenakan batik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hadirnya para anggota KIM itu sesuai agenda pemerintah, bahwa hari ini, Senin (12/08/2024) Presiden RI Joko Widodo diagendakan memimpin sidang kabinet paripurna pertama di Istana Garuda di IKN Nusantara.

Saat menunggu sarapan di resto Swisshotel Nusantara menjelang Sidang Kabinet Paripurna, sejumlah menteri tampak bercanda di meja makan.

Duduk di satu meja, adalah Mentan Andi Amran Sulaiman (AAS) duduk di antara Menteri KLH Siti Nurbaya dan Menteri Pertanahan/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono.

Selain itu, juga ada Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri BUMN Erik Tohir, Mendag Zulkifli Hasan, Menkes Budi Gunadi Sadikin, dan Jaksa Agung Burhanuddin.

Para menteri itu bercanda dan tertawa saling mengomentari posisi mereka.
Mayoritas dari menteri itu mengenakan batik. Yang berbeda adalah Mendag dan Menkes yang mengenakan baju putih.

Masalah kostum itu lalu menjadi bahan tertawaan mereka. Zulhas lalu dikomentari bahwa kalau ketua partai memang beda.

Mentan Amran sempat berkomentar, “Kalau saya kan menteri baru”.

Ucapan Mentan itu lalu ditimpali oleh Menkes dengan mengatakan, “Menteri baru wajah lama,” yang disambut tawa oleh semua menteri di meja itu.

Menteri BUMN Erik Tohir pun tak luput dari candaan. Salah satu menteri nyeletuk soal kostum batik dan bukan batik. “Ini karena oleh-oleh batik pak Erik belum nyampe nih.”

Begitulah para menteri, mereka juga manusia yang bisa ngobrol santai dan guyon. Kalau sudah berkumpul, ada-ada saja bahan candaan mereka.

Penat dengan urusan kementerian masing-masing, tentu sesekali bercanda dapat menyegarkan suasana dan itu dibutuhkan agar tidak stres dengan pekerjaan. (uca)