KABARIKA.ID, MAKASSAR — Salah satu keberhasilan Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) selama menjabat periode 2021-2023 adalah Jembatan Andalan Pacongkang di Kecamatan Citta, Kabupaten Soppeng.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Diresmikan oleh Gubernur Andalan pada 23 Agustus 2023, Jembatan Andalan Pacongkang merupakan jembatan dengan pelengkung rangka baja terpanjang yang ada di Provinsi Sulsel.

Jembatan Andalan Pacongkang memiliki total panjang 177 meter dengan tiga bentang, yakni 25 meter, 128 meter dan 24 meter. Jembatan memiliki lebar 7 meter dengan trotoar kiri-kanan masing-masing 1 meter.

Jembatan dengan bentang pelengkung atas 60 meter ini menggantikan jembatan gantung kayu berusia 30 tahun yang sudah sangat tidak layak dan aman bagi pengendara.

Tidak hanya itu, Jembatan Andalan Pacongkang dilengkapi teknologi untuk meredam gempa Lead Rubber Bearing (LRB). LRB adalah salah satu jenis sistem pelindung gempa yang digunakan pada infrastruktur bangunan atau jembatan.

Jembatan bisa dimanfaatkan Masyarakat untuk menuju lokasi objek Wisata Citta.

Selama memimpin Sulsel, Gubernur Andalan juga telah membenahi 500 km jalan, baik jalan provinsi maupun jalan prioritas kabupaten/kota melalui mekanisme bantuan keuangan provinsi.

Beberapa contoh di antaranya, merintis ruas Takkalasi–Bainange–Lawo yang menjadi akses alternatif Soppeng ke Barru. Ruas ini memangkas perjalanan sekitar 40 km jika dibandingkan melalui ruas lama Bulu Dua.

Gubernur Andalan melalui bantuan keuangan juga mengerjakan ruas Parigi–Bungoro yang menghubungkan tiga kabupaten, yakni Bone, Barru, dan Pangkep, menjadi jalur alternatif jika ruas Camba terjadi kemacetan.

Bahkan sebenarnya tak hanya di sektor infrastruktur, Gubernur Andalan juga sukses di sektor pariwisata, sektor pertanian, sektor perikanan, dan sektor kelautan.

Sektor pertanian menghadirkan program Mandiri Benih, membagikan benih padi unggul sebanyak 5 ribu ton benih secara gratis untuk ditanam di lahan seluas 200 ribu hektar. Inovasi ini membuat Gubernur Andi Sudirman Sulaiman menerima penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden dan penghargaan tertinggi nasional Adhikarya.

Gubernur Andalan juga mendorong pengembangan pariwisata di Sulawesi Selatan, di antaranya Objek Wisata Ollon di Toraja, Kawasan Emas Andalan 360 Derajat di Kabupaten Enrekang, Permandian Alam Lejja di Soppeng, Pantai Mandala Ria di Bulukumba, dan masih banyak lainnya.

Kini, Andi Sudirman Sulaiman bekomitmen untuk melanjutkan pengabdiannya untuk membangun Sulsel dengan maju sebagai Calon Gubernur periode 2024-2029, menggandeng mantan Wakil Wali Kota Makassar, Hj Fatmnawati Rusdi, yang juga istri dari Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse.

“”Kita sama-sama punya tujuan untuk kemaslahatan masyarakat Sulsel. Insya Allah Bersama Ibu Fatmawati kita akan memajukan Sulsel ke depannya,” jelas Andalan. (*)