KABARIKA.ID, IKN NUSANTARA — Menjelang puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo memimpin apel kehormatan dan renungan suci di Taman Kusuma Bangsa, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Sabtu malam (17/08/2024). Acara tersebut digelar tepat pada pukul 00.00 WITA.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ada kejadian yang mengundang tawa ketika para menteri berkumpul menunggu kedatangan bus jemputan menuju acara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Kusuma Bangsa IKN itu.

Sewaktu duduk menunggu di resto Swissôtel Nusantara, beberapa menteri bercanda penuh tawa.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman (AAS) bersama Menhub Budi Karya Sumadi paling pertama berada di resto hotel bintang 5 pertama di IKN itu.

Mentan AAS akan hadir dalam acara apel tersebut tanpa didamping istri karena ingin memberikan kesempatan istrinya, Hj. Martati untuk istirahat setelah penerbangan dari Makassar ke Jakarta sambung ke Balikpapan, kemudian lanjut perjalanan darat kurang lebih 2 jam ke IKN.

Namun, tiba-tiba beberapa menteri, seperti Erik Tohir dan AHY datang didampingi istrinya. Mentan Amran yang dikenal banyak akal dan iseng, lalu bertanya ke beberapa menteri lainnya, “Bawa istri?”

Ketika Menteri Bahlil menjawab tidak bawa istri, Mentan pun berseru, “Nah, berarti saya ada kawan.”

Beberapa saat kemudian, Mendag Zulhas yang datang sendiri juga ditanya, “Bawa istri?”

Ketika Mendag menjawab tidak, Mentan berucap lagi, “Nah, ini sudah cocok.”

“Saya ini cari teman, jangan sampai saya sendiri yang nda ajak istri malam ini. Karena memang acara puncaknya yang akan didampingi istri adalah acara esok pagi,” tambah Mentan AAS.

Menhub Budi Karya lalu menimpali, “Yang jomblo (tidak ajak istri) nanti bisa ngopi di sebelah sana,” yang disambut tawa sesama menteri.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Amir Uskara anggota DPR RI Fraksi PPP. “Ketua, ketemunya ternyata di IKN,” sapa Mentan AAS yang juga owner Tiran Group.

Keseruan itu terjeda ketika Protokol Istana tiba dan mengabari bahwa bus telah siap. Para menteri lalu bergegas keluar dari resto menuju bus listrik yang disiapkan.

Di dalam bus tampak Mentan AAS berdekatan dengan Amir Uskara yang datang duduk di kursi sebelahnya.

Sebagai sesama putra Sulsel, pertemuan mereka tentu akan banyak mendiskusikan perkembangan terkini di Sulsel.

Meski sempat ada riak antara PPP dan tim Andalan Hati yang merupakan calon Gubernur Sulawesi Selatan dan adik kandung Mentan AAS terkait rekomendasi, namun hal tersebut tidak mengganggu suasana keakraban dan komunikasi keduanya.

Ketua Umum IKA Unhas itu kembali dari acara renungan suci sekitar pukul 01.00 WITA.

Apel dan renungan suci merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, tidak hanya dilaksanakan di IKN tetapi juga di seluruh provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia.

Bertindak sebagai perwira upacara adalah Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman, Brigjen TNI Bayu Permana sedangkan komandan upacara adalah Kombes Pol Matrius.

Pagi tadi, Mentan AAS bersama seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju mengikuti puncak peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdeaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2024, di halaman Istana Negara IKN. (uca)