Site icon KABARIKA

Rawon Masuk Daftar Sup Terlezat Nomor Dua di Dunia

KABARIKA.ID, JAKARTA — Rawon adalah hidangan sup khas Indonesia yang terkenal, terutama dari Jawa Timur.

Setiap tempat memiliki ciri khas tersendiri, namun semuanya dikenal dengan rasa rawon yang autentik dan nikmat.

Kelezatan dan rasa autentik rawon tidak hanya dikenal di dalam negeri. Bahkan negara internasional telah mengakuinya. Rawon masuk dalam daftar sup terbaik di dunia versi Taste Atlas.

Taste Atlas merupakan situs kuliner dari Kroasia yang berisi makanan tradisional dan restoran autentik seluruh dunia. Situs ini secara rutin mengeluarkan daftar makanan terbaik di dunia dengan beragam kategori.

Rawon berada di posisi kedua dalam daftar sup terbaik, setelah ramen. Sup beraroma ini dibuat dari bahan daging sapi yang dimasak perlahan ditambah dengan bumbu-bumbu khas Indonesia seperti daun jeruk nipis, serai, jahe, dan cabai.

Ciri khas sup ini adalah kuahnya yang hitam. Warna ini berasal dari buah kluwek yang difermentasi sebelum dikonsumsi. Rawon biasanya disajikan bersama nasi putih, telur asin, tauge, dan sambal – pasta cabai pedas khas Indonesia.

Berikut adalah beberapa tempat yang dikenal dengan Rawon sup terbaik di Indonesia:

1. Rawon Setan – Surabaya

Rawon Setan sangat terkenal di Surabaya dan bahkan di luar kota. Tempat ini buka sejak malam hingga dini hari, menyajikan rawon dengan rasa yang kuat dan kaya akan rempah.

2. Rawon Nguling – Pasuruan

Rawon Nguling adalah salah satu rawon legendaris dari Pasuruan yang telah ada sejak tahun 1942. Daging yang empuk dengan kuah hitam pekat membuatnya sangat digemari.

3. Rawon Kalkulator – Surabaya

Berlokasi di Taman Bungkul, Surabaya, Rawon Kalkulator mendapatkan namanya karena kecepatan para pelayannya dalam menghitung tagihan. Rasa rawonnya juga tidak kalah istimewa.

4. Rawon Pak Pangat – Sidoarjo

Terkenal dengan daging yang lembut dan bumbu yang khas, Rawon Pak Pangat selalu ramai pengunjung.

5. Rawon Ibu Murni – Malang

Rawon Ibu Murni dikenal karena cita rasa yang autentik dan penggunaan bahan-bahan yang segar. Tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang berlibur ke Malang.

Exit mobile version