KABARIKA.ID, KUBU RAYA — Kemeriahan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2024, dapat dilakukan dengan berbagai cara oleh berbagai kalangan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

IKA Unhas wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) lebih memilih merayakan HUT Kemerdekaan dengan membagikan sembako kepada warga pondok pesantren dan yatim piatu melalui kegiatan bakti sosial (Baksos), bekerja sama dengan komunitas “Idi Fada Idi” (IFI) Kalbar.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Minggu (17-18/08/2024) di Desa Seruat Kubu, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar.

Natura yang dibagikan berupa beras, gula, minyak goreng, teh, kecap, kopi, susu, dan bahan makanan tambahan sebagai pengutan program gizi bagi anak stunting.

Kelompok masyarakat yang mendapat bantuan sembako terdiri dari beberapa kepala keluarga dan warga pondok pesantren yang berstatus yatim piatu, sebanyak 40-an orang.

Ketua Bidang Dana IKA Unhas Kalbar, Muhammad Ikhsan, S.Kel., MT mengatakan, pemilihan sasaran Baksos berupa pondok pesantren dan yatim piatu yang jauh di pedalaman, berkat kerja sama dan kolaborasi dengan komunitas IFI Kalbar.

“Kegiatan pembagian sembako kepada pondok pesantren dan yatim piatu ini dilaksanakan berkat komunikasi aktif IKA Unhas Kalbar dengan komunitas IFI Kalbar, sehingga mendapatkan wilayah atau tempat yang sesuai peruntukan dalam kegiatan sosial tersebut,” ujar Ikhsan yang mewakili pengurus dalam kegiatan Baksos tersebut.

Pengurus IKA Unhas Kalbar dan perwailan komunitas IFI Kalbar foto bersama dengan pembina pondok pesantren serta anak yatim piatu penerima sembako pada kegiatan Baksos IKA Unhas kerja sama IFI Kalbar, Sabtu (17/08/2024) di Desa Seruat Kubu, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar. (Foto: Ist.)

Setelah kegiatan ini, lanjut Ikhsan, IKA Unhas telah mendapat peta potensi dari kelompok-kelompok masyarakat yang bisa dibangun melalui pengembangan program berkelanjutan sebagai wujud peran aktif IKA Unhas di Kalbar.

“Setidaknya dalam tahap awal, IKA Unhas Kalbar telah membangun silaturahmi dengan kelompok masyarakat untuk bersama-sama menciptkan program kegiatan yang lebih berdayaguna bagi sesama,” ujar Ihksan.

Sementara itu, ketua tim Baksos Kemerdekaan yang juga sekretaris bidang Seni dan Budaya IKA Unhas Kalbar, Hasanuddin mengatakan, kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi yang dilakukan IKA Unhas Kalbar dengan komunitas IFI Kalbar.

“Pada peringatan HUT ke-79 RI tahun 2024 ini, IKA Unhas Kalbar telah menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan IFI Kalbar secara berkala,” ujar Hasanuddin.

Ia menambahkan, IKA Unhas Kalbar akan terus melakukan kegiatan Baksos di wilayah-wilayah lain di Kalimantan Barat, dengan memprioritaskan wilayah atau kelompok keluarga yang kurang mampu dan prasejahtera.

Anggota IKA Unhas Kalbar lainnya yang terlibat dalam kegiatan Baksos ini adalah Sumarni, S.P dari Bidang Keagamaan, Politik dan Pemerintahan.

Sedangkan dari komunitas IFI Kalbar yang terlibat adalah pendiri IFI, Ismail dan Almujirin, Ketua IFI Kalbar Budi, serta anggota adalah Mimin dan Hasan Bakor.

Lokasi Baksos yang jauh dan medan yang hanya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua, sudah pasti memerlukan kesiapan tersendiri.

“Sebab, tim harus membawa bahan bantuan menggunakan roda dua dengan menyeberangi sungai dan melewati jalan pedesaan yang belum bagu,” ujar Ismail, yang berperan sebagai penghubung kegiatan Baksos antara IKA Unhas dan IFI Kalbar.

Medan yang sulit tersebut merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi tim dalam menempuh perjalanan dalam melaksanakan Baksosdi Desa Seruat, Kecamatan Teluk Pakedai.

“Komunikasi dan kerja sama yang terbangun tentunya berasaskan kesamaan visi dan misi dalam kegiatan sosial, sehingga dalam pelaksanaan kegiatan kami sudah lebih mudah berkoordinasi dan berkomunkasi serta saling mendukung satu sama lain,” papar Ismail.

Di tempat terpisah, Ketua IKA Unhas Kalbar Dr. Ir. H. M. Toasin Asha, M.Si menitipkan pesan kepada tim Baksos IKA dan masyarakat yang terbantu, agar tidak menilai jenis barang yang diberikan, itu adalah wujud perhatian IKA Unhas Kalbar terhadap keluarga yang memerlukan bantuan.

“Dalam kegiatan sosial ini jangan dilihat barang yang dibagikan, itu merupakan wujud perhatian kami dari IKA Unhas dan IFI Kalbar yang turut memberikan perhatian kepada keluarga-keluarga kita yang perlu dibantu dan ditolong,” ujar Toasin.

Perayaan 17-an Agustus ini, lanjut Toasin, hanya sebagai momen saja bagi IKA Unhas Kalbar dalam melaksanakan kegiatan Baksos di Desa Seruat 2, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya.

IKA Unhas Kalbar akan terus melakukan berbagai kegiatan sosial lainnya yang lebih inovatif.

“Ke depan IKA Unhas Kalbar akan lebih bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai komponen dalam melaksanakan berbagai kegiatan yang lebih bermanfaat bagi masyarakat luas. Intinya, IKA Unhas Kalbar terus bergerak di usianya yang masih relatif muda untuk mengimplementasikan Kolaborasi Unhas untuk Negeri,” tandas Toasin. (has)