KABARIKA.ID, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali membukukan prestasi moncer dan membanggakan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kali ini Unhas menggondol lima penghargaan sekaligus di ajang PKM Award 2024 yang berlangsung, pada Senin (19/08/2024) di Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jakarta.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Penghargaan pertama, Unhas meraih peringkat ke-2 Perguruan Tinggi Terproduktif. Kriteria penghargaan tersebut adalah persentase jumlah kelompok didanai dan/atau menerima insentif dari jumlah usulan.

Selanjutnya, peringkat ke-3 sebagai Perguruan Tinggi Penerima Pendanaan Terbanyak Kluster 1. Yang ketiga adalah Peringkat ke-3 sebagai Perguruan Tinggi Penerima Insentif Terbanyak kluster 1.

Selain penghargaan untuk Perguruan Tinggi, Unhas juga meraih satu penghargaan untuk kategori Dosen Pendamping Kelompok Mahasiswa yang Meloloskan Pendanaan dan Insentif Terbanyak pada PKM Tahun 2024 kluster 1. Dosen tersebut adalah Prof Andi Dian Permana, S.Si, M.Si, Ph.D Apt.

Dosen Pendamping Kelompok Mahasiswa yang Meloloskan Pendanaan dan Insentif Terbanyak pada PKM Tahun 2024 kluster 1, Prof Andi Dian Permana, S.Si, M.Si, Ph.D Apt. foto bersama dengan sejawatnya pada upacara penutupan PKM Award 2024, Senin (19/08/2024) di Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jakarta. (Foto: Humas Unhas)

Tim mahasiswa Unhas juga memperoleh satu penghargaan pada kategori Kelompok Mahasiswa, yaitu Terbaik ke-2 bidang PKM-RE kategori Kelompok Mahasiswa dengan Laporan Kemajuan dan Luaran Kemajuan Terinformatif.

Tim ini terdiri dari lima mahasiswa, yaitu Florensia Dana Carla B., Ananda Fachriza, Muh. Thaufiq Umar, Johusua Entho Unawekla, dan Waode Ainun Anggraini.

Judul PKM mereka adalah “Pengembangan Pulmonary Delivery Amphotericin B Berbasis Nanostructured Lipid Carriers dalam Bentuk Dry Powder Inhaler sebagai Inovasi Pengobatan Allergic Bronchopulmonary Aspergillosis”.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof drg Muhammad Ruslin, M.Kes, Ph.D, Sp.BM(K) menyampaikan apresiasi atas raihan penghargaan Unhas di ajang PKM Award 2024.

Menurut Prof Ruslin, prestasi yang diraih oleh Unhas di ajang PKM Award 2024 ini merupakan bukti nyata dari kerja keras dan dedikasi seluruh civitas academika, baik mahasiswa maupun dosen pendamping.

“Penghargaan yang diterima ini tidak hanya mengukuhkan posisi Unhas sebagai salah satu perguruan tinggi terdepan di Indonesia, tetapi juga menunjukkan bahwa semangat inovasi dan kreativitas terus tumbuh di kampus kita,” tandas Prof Ruslin yang hadir menerima penghargaan.

Ia berharap, prestasi ini akan menjadi motivasi bagi seluruh mahasiswa untuk terus berkarya dan berkontribusi dalam bidang akademik maupun pengabdian kepada masyarakat.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan berkontribusi dalam pelaksanaan PKM ini.

PKM Award merupakan salah satu rangkaian kegiatan pelaksanaan PKM yang dilaksanakan setelah pelaksanaan Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM (PKP2).

Penghargaan ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi, menjaga semangat dan budaya kerja keras semua pihak pada pelaksanaan PKM.

Pemberian PKM Award 2024 ini diharapkan dapat memicu semangat dan komitmen mahasiswa, dosen pendamping dan perguruan tinggi dalam melaksanakan PKM yang lebih baik serta mengambil manfaat sebanyak mungkin dari proses dan tahapan yang dilalui. (*/mr)