KABARIKA.ID, MAKASSAR – Pj. Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Zudan Arif Fakrulloh, mengapresiasi kinerja Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman yang sukses meningkatkan produksi dalam beberapa bulan terakhir.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Menurutnya, peningkatan ini tidak terlepas dari upaya Mentan yang berhasil menambah pupuk subsidi dan digencarkannya program pompanisasi.

“Untuk Sulawesi Selatan saja, tambahan pupuknya mencapai 877.000 ton, kemudian untuk pompanisasi sebanyak 4.355 unit. Ini besar sekali dan sangat membantu petani kami di musim kemarau seperti sekarang,” ujar Zudan saat menghadiri Pembukaan Acara Bimbingan Teknis Pengelolaan Komoditas Hortikultura Skala Rumah Tangga di Makassar, Kamis, 22 Agustus 2024.

Selain itu, kata Zudan, pemerintah juga memberi perhatian khusus agar petani didukung untuk terus berproduksi, salah satunya dengan memberi bantuan berbagai bibit di Sulawesi Selatan.

Selaian bibit komoditas hortikultura, Kementan juga tercatat memberikan aneka bibit seperti Kakao, Kopi, Padi, Pala dan Kelapa.

“Semua ini akan menggerakkan kembali sektor pertanian khususnya pada subsektor holtikultura. Termasuk kami juga mendapat bantuan untuk optimalisasi lahan seluas 13.600 hektar,” katanya.

Zudan memastikan lahan yang ada saat ini akan terus dioptimalkan secara masif termasuk lahan rawa yang ada di wilayahnya, hal ini guna mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan swasembada hingga Indonesia lumbung pangan dunia.

“Jadi yang rawa-rawa ini akan terus kita optimalkan untuk menuju Swasembada pangan khususnya di Sulawesi Selatan sehingga nanti bisa mendukung kebutuhan pangan di ibu kota negara yang baru,” jelasnya.

Pada kegiatan yang sama, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman meminta agar program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dapat ditingkatkan menjadi skala ekonomi masyarakat yang lebih besar. Lebih dari itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu menekan pengeluaran rumah tangga dan berpotensi menambah pendapatan keluarga.

“Dengan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumah, kita bisa menciptakan sumber pangan yang berkelanjutan, sekaligus memberikan tambahan pendapatan bagi keluarga,” jelasnya.