KABARIKA.ID, MAKASSAR — Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang didampingi Ibu Wapres Wury Ma’ruf Amin beserta para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) melakukan kunjungan kerja ke Makassar, Kamis (22/08/2024), untuk menghadiri beberapa kegiatan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Salah satunya adalah “Sosialisasi Pengelolaan Komoditas Hortikultura Skala Rumah Tangga,” yang dilaksanakan oleh Kementerian Pertanian di AAS Building lantai 1, Kota Makassar.

Di area yang sama, namun berbeda tempat, juga digelar pameran kriya berupa hasil-hasil kerajinan yang diinisiasi oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsewsi Selatan serta Dinas Koperasi Sulawesi Selatan.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan didampingi Ibu Wapres Wury Ma’ruf Amin dan Ibu Mentan Hj. Martati, mengunjungi stan pameran Dekranasda dan Dinas Koperasi Sulawesi Selatan, Kamis (22/08/2024) di AAS Building lantai 1, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Dekranasda dari 24 daerah kabupaten/kota di Sulawesi Selatan memiliki stan masing-masing dengan memajang produk unggulan mereka.

Selain itu, UMKM binaan Dinas Koperasi Sulawesi Selatan dari sejumlah daerah kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, juga memamerkan produk unggulannya berupa pangan atau kuliner.

Usai menyapa peserta “Sosialisasi Pengelolaan Komoditas Hortikultura Skala Rumah Tangga,” Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan didampingi Ibu Wapres Wury Ma’ruf Amin dan Ibu Mentan Hj. Martati, mengunjung stan Dekranasda kabupaten/kota satu per satu.

Saat berada di stand Dekranasda Kabupaten Bantaeng, Ibu Iriana tampak memegang dan mencermati kain yang terpajang. “Bagus, cantik ya,” ujar Ibu Iriana sambil tersenyum.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan didampingi Ibu Wapres Wury Ma’ruf Amin dan Ibu Mentan Hj. Martati, mengamati kain yang dipamerkan di stan Dekranasda Kabupaten Bantaeng, Kamis (22/08/2024) di AAS Building lantai 1, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Setiap stan yang dikunjungi, Ibu Iriana selalu memuji dan mengapresiasi setiap produk yang dipamerkan, baik itu berupa kain tradisional, busana, maupun pangan atau kuliner.

Saat sampai di stan Dinas Koperasi Sulawesi Selatan yang memajang produk pangan dari UMKM binaannya, Ibu Iriana mendorong Dinas Koperasi untuk memasarkan produk-produk tersebut di luar Sulawesi Selatan karena kualitasnya bagus.

Salah satu produk makanan yang menarik perhatian Ibu Iriana dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, adalah makanan ringan bernana “Kacipok Pelangi”.

Bahkan, Ibu Iriana dan Ibu Wury sempat berfoto dengan memegang kemasan makanan ringan (cemilan) produk UMKM itu.

Di stan Kabupaten Kepulauan Selayar yang memamerkan produk-produk UMKM Bumi Tanadoang, Ibu Iriana tinggal agak lama untuk mendengarkan penjelasan penjaga stan.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyimak penjelasan dari penjaga stan Dekranasda Selayar yang tidak lain adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Selayar, Andi Dwiyanti Musrifah, Kamis (22/08/2024) di AAS Building lantai 1, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: Ist.)

Penjaga stan Dekranasda Selayar bukan orang biasa, dia adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Selayar, Andi Dwiyanti Musrifah.

Musrifah mempromosikan hasil karya atau produk-produk pelaku UMKM binaan Dekranasda yang telah teruji kualitasnya, kepada Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Ibu Negara pun berkenan mencoba produk yang dipilihnya.

Menurut Musrifah, Ibu Iriana sangat tertarik dengan rasa khas dari produk UMKM berupa “Bulo Gulung”, “Emping Gula Aren”, dan “Tenteng Kenari”.

“Bahkan Ibu Presiden Jokowi ini memborong beberapa produk Bolu Gulung Kenari,” ujar Musrifah.

Kehadiran Ibu Iriana di stan Dekranasda Kabupaten Kepulauan Selayar disambut antusias dan bahagia oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK, Andi Musrifah bersama jajaran.

Kesempatan ini pun dimanfaatkan oleh Musrifah untuk berdialog langsung, sekaligus mendapatkan masukan dan dukungan dari Ibu Negara Iriana.

Musrifah yakin, kunjungan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di stan Dekranasda Selayar dan membeli produk UMKM, dapat menjadi pendorong semakin dikenalnya produk-produk UMKM Kabupaten Kepulauan Selayar di tingkat nasional maupun global.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan didampingi Ibu Wapres Wury Ma’ruf Amin dan Ibu Mentan Hj. Martati, mencermati busana yang dipamerkan di stan Dekranasda Kabupaten Gowa, Kamis (22/08/2024) di AAS Building lantai 1, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Ibu Negara Iriana Joko Widodo juga mengunjungi stan Dekranasda Kabupaten Gowa. Di tempat ini Ibu Iriana tampak mengagumi busana hasil kreasi Dekranasda yang terpajang.

Kekaguman Ibu Iriana terhadap kain tradisional dengan corak khas Sulawesi Selatan itu, terlihat saat ibu dari Gibran Rakabuming Raka itu memeriksa beberapa helai dari busana bercorak khas daerah Sulawesi Selatan tersebut.

Penjaga stan memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis kain dan busana-busana yang dipamerkan itu. Bukan hanya itu, penjaga stan pun memberi penjelasan atas pertanyaan yang disampaikan oleh Ibu Iriana terhadap busana yang memikat itu. (rus)