KABARIKA.ID, PARIS — Selang 17 hari setelah Olimpiade Musim Panas Paris 2024 ditutup pada 11 Agustus 2024 lalu, kini kota Paris kembali diramaikan ribuan atlet. Kali ini yang dihelat adalah Paralimpiade 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Upacara pembukaan Paralimpiade Paris 2024 diawali dengan parade dari 184 kontingen dengan 6.000 atlet dan ofisial dari seluruh dunia, di area Champs-Elysées yang bersejarah menuju Place de la Concorde, Paris, pada Rabu (28/08/2024) pukul 19.30 waktu setempat atau Kamis dini hari (29/08/2024) pukul 01.30 WITA.

Delapan pesawat Patrouille de France terbang melintasi langit Paris sambil mengeluarkan asap tiga warna yang menjadi ikonik Prancis, pada upacara pembukaan Paralimpiade Paris 2024 di Place de la Concorde, Paris, Rabu malam (28/08/2024) waktu setempat atau Kamis dini hari (29/08/2024) WITA. (Foto: theguardian)

Presiden Prancis Emmanuel Macron membuka secara resmi ajang olahraga bagi para penyandang disabilitas ini di Place de la Concorde. Inilah untuk pertama kalinya upacara pembukaan Paralimpiade digelar jauh dari stadion utama.

Kontingen tuan rumah Prancis menjadi yang terakhir masuk dan disambut dengan standing ovation dari 30.000 penonton yang memenuhi tribun di sekitar alun-alun bersejarah tersebut.

Salah satu sorotan upacara adalah penampilan penyanyi Prancis Lucky Love, yang kehilangan lengan kirinya, yang membawakan lagu “My Ability” yang menyentuh. Lucky Love diiringi penari difabel dan non-difabel.

Presiden Komite Paralimpiade Internasional (IPC) Andrew Parsons, kemudian menyampaikan harapannya kepada para atlet dan penonton untuk memulai “revolusi inklusi,” sebelum Macron secara resmi membuka Paralimpiade.

Presiden Komite Paralimpiade Internasional (IPC) Andrew Parsons (kiri), mengajak para atlet dan penonton untuk memulai “revolusi inklusi”, pada upacara pembukaan Paralimpiade Paris 2024 di Place de la Concorde, Paris, Rabu malam (28/08/2024) waktu setempat atau Kamis dini hari (29/08/2024) WITA.. (Foto: theindependent)

Bendera Paralimpiade dibawa ke alun-alun oleh John McFall, pelari Paralimpiade asal Inggris yang telah dipilih oleh Badan Antariksa Eropa sebagai ‘parastronaut’ pertama.

Olimpian Prancis Florent Manaudou membawa obor ke dalam arena, menandai puncak dari estafet obor empat hari, dengan lima atlet paralimpiade Prancis, termasuk peraih medali emas 2020 Alexis Hanquinquant dan Nantenin Keita, yang akhirnya menyalakan kaldron ikonik di Taman Tuileries.

Sebanyak 18 dari 35 arena Olimpiade akan digunakan selama Paralimpiade berlangsung, termasuk Grand Palais yang megah dan Stade de France.

Sebanyak 184 negara berpartisipasi dalam Paralimpiade Paris 2024 yang berlangsung selama 12 hari, dari 28 Agustus hingga 8 September 2024.

Sebanyak 6.000 atlet akan bertanding dalam 549 pertandingan dari 22 cabang olahraga (Cabor) Paralimpiade Paris 2024.

Kontingen Indonesia Tampil Unik

Dalam pembukaan semalam, kontingen Indonesia menampilkan kekayaan budaya Nusantara dalam bentuk kostum.

Kontingen Indonesia diwakili 11 atlet, 13 ofisial dan enam anggota Chef de Mission pada acara defile.

Sebanya 35 atlet Indonesia akan bertarung dalam pertandingan 10 cabang olahraga untuk meraih medali.

Kontingen Indonesia dalam defile beranggotakan 11 atlet, 13 ofisial dan enam chef de mission, pada upacara pembukaan Paralimpiade Paris 2024 di Place de la Concorde, Paris, Rabu malam (28/08/2024) waktu setempat atau Kamis dini hari (29/08/2024) WITA.. (Foto: Kemenpora)

Kontingen Indonesia ditargetkan membawa pulang satu medali emas, dua medali perak dan tiga medali perunggu.

Sebelum adu keterampilan olahraga dimulai, atlet-atlet Indonesia terlebih dahulu diajak untuk “fashion show” di Place de la Concorde. Kontingen Indonesia punya konsep berbeda pada opening ceremony Paralimpiade 2024.

Wakil Sekjen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto, mengatakan kekayaan budaya Nusantara ditunjukkan lewat keindahan baju adat Tanah Air.

“Untuk konsep bajunya, kita akan menunjukkan keberagaman nusantara. Ada tenun batik, tenun ikat, tenun lurik, serta ada parade baju adat Indonesia dari seluruh wilayah Indonesia,” ujar Rima.

Kontingen Indonesia memilih Leli Marlina dan Muhammad Fadli Imammuddin sebagai pembawa bendera pada upacara pembukaan Paralimpiade 2024.

Leli Marlina merupakan satu-satunya atlet para tenis meja yang tampil pada Paralimpiade 2024. Sementara Muhammad Fadli merupakan satu-satunya atlet para balap sepeda yang lolos pada ajang empat tahunan ini.

“Ini menjadi sejarah untuk pertama kalinya defile Paralimpiade akan dilkukan di jalan raya yang menjadi icon kota Paris, Place de la Concorde. Kita menjadi ikut optimis dan excited untuk defile yang akan menjadi hari bersejarah ini,” papar Rima Ferdianto.

Atlet paratenis meja Leni Marlina, tampil sebagai pembawa bendera Merah Putih dalam defile upacara pembukaan Paralimpiade Paris 2024, sedangkan atlet para bersepeda, Muhammad Fadli memimpin rombongan kontingen Indonesia dalam defile, di Place de la Concorde, Paris, Rabu malam (28/08/2024) waktu setempat atau Kamis dini hari (29/08/2024) WITA.. (Foto: Kemenpora)

Sementara itu, Leli Marlina merasa bangga dipercaya membawa bendera Merah Putih saat defile kontingen pada opening ceremony Paralimpiade 2024. Kesempatan ini menambah percaya diri untuk berprestasi pada cabor para tenis meja.

“Ini merupakan momen yang sangat spesial untuk saya dan saya merasa sangat bangga karena dapat mewakili Indonesia di Paralimpiade Paris ini. Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk membuat negara kita bangga,” ucap Leli Marlina.

Upacara pembukaan Paralimpiade 2024 menjadi semakin menarik karena aktor layar lebar internasional, Jackie Chan, terpilih sebagai salah satu pembawa obor Paralimpiade 2024. (rus)