KABARIKA.ID, MAKASSAR — Program Kelas Internasional Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali mengadakan kegiatan kuliah tamu, pada Selasa (3/09/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kuliah tamu kali ini menghadirkan pakar kecerdasan buatan (artificial intelligence) asal University of Pittsburgh, Amerika Serikat, Prof. Cortino Sukotjo, DDS., Ph.D., MM.Sc.

Topik yang dibahas dalam kuliah tamu ini adalah “Artificial Intelligence in Dental Education: Addressing Ethical Challenges in Achieving Competency”.

Materi ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa tentang peran kecerdasan buatan (AI) dalam pendidikan kedokteran gigi, serta tantangan etis yang dihadapi dalam upaya mencapai kompetensi.

Prof. Cortino Sukotjo, DDS., Ph.D., MM.Sc. (Foto: Humas Unhas)

Kuliah ini merupakan bagian dari blok mata kuliah Study Skills, Information Technology, & Scientific Writing Kelas Internasional FKG Unhas, Angkatan 2024.

Kegiatan kuliah tamu yang dilaksanakan secara Daring ini, ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan Bidang Kemintraan, Riset dan Inovasi FKG Unhas, Erni Marlina, drg., Ph.D., Sp.PM.Subsp.,Inf(K).

Dalam sambutannya, Erni menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada Prof. Cortino Sukotjo atas kesediaannya menjadi narasumber dalam kuliah tamu ini.

“Terima kasih banyak telah hadir di sini Prof, dan tidak ada cukup kata untuk diucapkan atas perhatian yang diberikan kepada kami tentang kecerdasan buatan dalam pendidikan kedokteran gigi,” ujar Erni.

Ia mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi mahasiswa dalam memahami penerapan AI dalam pendidikan kedokteran gigi, serta bagaimana menghadapi tantangan etis yang mungkin muncul.

Erni juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Blok Study Skill, IT & MPI Kelas Internasional, Fadhlil Ulum A. Rahman, drg., Sp.RKG., Subsp. Rad-P (K), beserta staf pengajar lainnya yang telah mempersiapkan kegiatan ini.

Kuliah tamu ini dipandu oleh Punggawa Gauk Karim, drg., Sp.KG. sebagai moderator. (*/mr)