KABARIKA.ID, MAKASSAR — Universitas Hasanuddin (Unhas) menyelenggarakan wisuda program Sarjana, Vokasi, Magister, Doktor, Spesialis dan Profesi untuk periode wisuda September Tahun Akademik 2024/2025.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kegiatan berlangsung dalam tiga tahap, mulai Senin-Selasa (2-3/09/2024) di Baruga A.P. Pettarani Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar dan disiarkan melalui kanal YouTube Unhas.

Acara wisuda dihadiri Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, Ketua Majelis Wali Amanat, para Wakil Rektor dan Sekretaris Universitas, Ketua Senat Akademik Unhas beserta jajaran anggota komisi, Ketua Umum Pengurus Pusat IKA Unhas, Dr Ir. Andi Amran Sulaiman, para Dekan di lingkup Unhas dan para orang tua wisudawan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) dalam laporannya menyampaikan, wisuda periode September 2024 dilaksanakan dua hari dengan tiga tahap, yaitu pada 2 September 2024 satu tahap dan pada 3 September 2024 dilaksanakan dua tahap. Total wisudawan sebanyak 2.771 orang, terdiri dari 1.021 laki-laki (36,85%) dan 1.750 perempuan (63,15%).

Prof Ruslin juga memberikan gambaran tentang upaya Unhas dalam mendukung penyelesaian studi tepat waktu bagi mahasiswa.

Menurut Prof Ruslin, penyelesaian studi tepat waktu merupakan salah satu indikator keberhasilan dalam membangun kualitas pendidiakan tinggi.

Untuk itu, Unhas telah berupaya keras meningkatkan jumlah mahasiswa yang lulus tepat waktu melalui berbagai program monitoring dan evaluasi.

“Kami sangat bangga melaporkan bahwa jumlah mahasiswa yang tidak menyelesaikan studi tepat waktu telah menurun drastis, dari 12.169 mahasiswa pada Agustus 2023 menjadi 4.275 mahasiswa pada periode ini,” tandas Prof Ruslin.

Penurunan yang signifikan ini, lanjut Prof Ruslin, didukung oleh peningkatan di beberapa fakultas utamanya, yaitu Fakultas Farmasi, Kedokteran, dan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan.

Dalam upaya terus meningkatkan kualitas pendidikan, Prof Ruslin mengatakan bahwa Unhas telah melakukan penyelarasan kurikulum di seluruh jenjang pendidikan.

Penyelarasan ini tidak hanya bertujuan untuk mempercepat masa studi mahasiswa, tetapi juga untuk memastikan bahwa materi yang diajarkan relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan perkembangan ilmu pengetahuan.

Mulai tahun 2024, Unhas juga telah mengimplementasikan perubahan dalam bentuk tugas akhir mahasiswa. Tidak hanya skripsi, tesis, atau disertasi, tetapi juga proyek, prototipe, dan karya lain yang relevan.

Rubrik penilaian untuk setiap jenis tugas akhir ini telah disusun dan akan disosialisasikan kepada seluruh civitas academica.

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., menyampaikan sambutan pada acra wisuda program Sarjana, Vokasi, Magister, Doktor, Spesialis dan Profesi Unhas untuk periode wisuda September Tahun Akademik 2024/2025, Selasa (3/09/2024) di Baruga A.P. Pettarani Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar. (Foto: Tangkapan layar YouTube Unhas)

Sementara itu, Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya di Unhas.

Prof JJ mengatakan, Unhas memiliki visi sebagai World Class University yang bukan sekadar ambisi, melainkan tujuan yang strategis dan realistis. Dalam beberapa tahun terakhir, pihaknya telah mengambil berbagai langkah konkret untuk mencapai tujuan tersebut.

Rektor menjelaskan, jumlah program studi yang memperoleh akreditasi internasional juga terus meningkat dengan signifikan. Dari tahun 2018 hingga 2024 terjadi peningkatan sebesar 81 persen dalam jumlah program studi yang berhasil mendapatkan pengakuan internasional, sehingga total terdapat 83 Progras Studi yang terakreditasi Internasiona.

Saat ini, Unhas memiliki 16 Prodi yang memiliki kelas internasional dan terdapat 169 dosen asing yang tersebar di berbagai Fakultas.

“Kita ingin memberikan kontribusi yang lebih besar, tidak hanya bagi Indonesia tetapi juga dunia. Dunia saat ini menghadapi berbagai tantangan global yang kompleks, mulai dari perubahan iklim, ketimpangan sosial, hingga revolusi industri 4.0 yang mengubah cara kita hidup dan bekerja. Jadi harapan terbesar kami dapat menghasilkan Sumber Daya Manusi yang dapat menjawab segala tantangan yang akan datang,” jelas Prof JJ.

Pada wisuda periode September 2024 ini, jumlah wisudawan menurut jenjang pendidikan adalah sebagai berikut: Program Diploma III 3 orang, Program Sarjana Terapan 26 orang, Program Sarjana 1.793 orang, Program Profesi 168 orang, Program Magister 582 orang, Program Doktor 94 orang, Program Spesialis-1 103 orang dan Program Sub-Spesialis 2 orang.

Adapun rata-rata IPK dan lama studi wisudawan periode ini adalah:
– Program Diploma III: IPK 3,42 dengan masa studi 4 tahun 2 bulan,
– Program Sarjana Terapan: IPK 3,81 dengan masa studi 4 tahun 0 bulan,
– Program Sarjana: IPK 3,63 dengan masa studi 4 tahun 9 bulan,
– Program Profesi: IPK 3,80 dengan masa studi 1 tahun 0 bulan,
– Program Magister: IPK 3,92 dengan masa studi 2 tahun 4 bulan,
– Program Doktor: IPK 3,96 dengan masa studi 3 tahun 10 bulan,
– Program Spesialis: IPK 3,91 dengan masa studi 3 tahun 11 bulan, dan
– Program Sub-Spesialis: IPK 4,00 dengan masa studi 2 tahun 4 bulan.

Sedangkan IPK dan lama studi lulusan terbaik untuk seluruh jenjang pada periode September 2024 ini adalah:
> Program Diloma III: IPK 3,58 dengan masa studi 3 tahun 9 bulan,
> Program Sarjana Terapan: IPK 3,97 dengan masa studi 4 tahun 0 bulan,
> Program Sarjana:
– Eksakta: IPK 3,95 dengan masa studi 3 tahun 10 bulan,
– Non-Eksakta: IPK 3,97 dengan masa studi 3 tahun 10 bulan,
> Program Magister: IPK 4,00 dengan masa studi 1 tahun 1 bulan,
> Program Doktor: IPK 4,00 dengan masa studi 2 tahun 1 bulan,
> Program Profesi:
– Profesi Akuntansi: IPK 3,83 dengan masa studi 1 tahun 0 bulan,
– Profesi Dokter Hewan: IPK 3,95 dengan masa studi 1 tahun 5 bulan,
– Profesi Apoteker: IPK 4,00 dengan masa studi 0 tahun 11 bulan,
> Program Spesialis:
– Sp-1. Ilmu Patologi Klinik: IPK 3,99 dengan masa studi 3 tahun 6 bulan,
– Sp-1. Prostodonsia: IPK 3,99 dengan masa studi 2 tahun 10 bulan, dan
– Sp-2. Ilmu Bedah: IPK 4,00 dengan masa studi 2 tahun 4 bulan. (*/mr)