KABARIKA.ID, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menutup perpanjangan pendaftaran bakal calon kepala daerah, bagi daerah yang pendaftarnya hanya satu pasang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Di Sulsel, dari 24 kabupaten/kota ditambah provinsi yang menggelar Pilkada 2024, hanya Kabupten Maros yang pendaftarnya hanya satu pasang.

Ketua KPU Maros Jumaedi memastikan hanya ada satu pasangan calon yang berkontestasi di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maros, yaitu pasangan petahana Chaidir Syam-Suhartina Bohari.

Pasangan tersebut diusung hampir semua partai politik yang menduduki parlemen di Maros.

“Pendaftaran telah kita buka tanggal 2-4 September, tapi hasilnya nihil. Tidak ada sama sekali yang mendaftar,” kata Jumaedi, Kamis (5/9/2024).

Perpanjangan pendaftaran tersebut, sesuai dengan regulasi yang kami amanahkan oleh KPU RI dan arahan dari provinsi juga sehingga  melakukan perpanjangan pendaftaran dengan ketentuan bahwa regulasi itu berdasarkan PKPU Nomor 10 pasal 135 poin a, b dan KPT 1229 halaman 120 sampai 123.

“Dalam PKPU tersebut dijelaskan bahwa salah satu langkah dalam perpanjangan ketika dilakukan calon tunggal,” Jumaedi menekankan.

Kendati yang mendaftar hanya satu pasangan calon sebut Jumaedi, ia belum bisa memastikan 100 persen jika akan lawan kotak kosong.

“Karena saat ini kan masih masuk tahapan proses verifikasi administrasi. Nanti pada saat penetapan baru kita sampaikan apakah Maros ini dalam posisi lawan kotak kosong,” tutupnya. (*)